Terapi murottal dalam menurunkan tekanan darah tinggi

terapi murottal al-quran

Murottal merupakan ayat suci al-quran yang dilantunkan oleh seseorang dengan nada yang indah dan tenang, namun tahukah sahabat bahwa lantunan ayat al-quran mampu menurunkan tekanan darah, pengobatan ini disebut dengan terapi murottal. Dalam menurunkan tekanan darah, kita seringkali berkunjung ke pelayanan kesehatan, langkah tersebut memang benar, namun perlu terapi tambahan untuk memaksimalkan pengobatan tersebut.

Terdapat berbagai upaya atau metode tambahan untuk meningkatkan penyembuhan tekanan darah yang tinggi seperti yoga, diet makanan, olahraga, dan terapi murottal. Dibagian tulisan ini kita akan berbincang tentang terapi murottal, penulis sendiri pernah melakukan terapi ini pada dua orang lansia. Percaya tidak percaya, tapi ke dua lansia yang mengalami hipertensi ini mengalami penurunan yang signifikan, walau terapi yang dilakukan hanya dalam rentang waktu 3 hari saja.



Terapi Murottal : Ayat Suci Al-Quran

Pengertian : mari mengenal lebih jauh tentang terapi murottal

Terapi murottal merupakan salah satu terapi religius, dimana Al-Quran digunakan sebagai salah satu sumber terapinya. Ayat al-quran dilantunkan dengan suara indah dan didengarkan kepada penderita. Para peneliti percaya bahwa dengan mendengarkan ayat al-Quran, mampu membuat rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Sedangkan hasil riset penulis sendiri, meyakinkan bahwa dengan mendengar ayat suci al-quran, seseorang menjadi sadar apa tujuan ia hidup dan kemana ia akan kembali. Sehingga ia akan tenang dan semakin mengingat sang maha pencipta. Dengan demikian dapat menurunkan tingkat stress, setelah itu timbulah penurunan tekanan darah juga.

Efek Samping : Apakah Efek samping dari terapi murottal?

Selama penulis melakukan riset, bahwa tidak ada sama sekali efek samping yang dihasilkan. Namun selama terapi, kedua lansia ini menangis, hal ini tentu tidak diketahui apa penyebabnya. Cuma perkiraan penulis bahwa mereka ingat akan sesuatu seperti ingat kepada sang maha pencipta.



Namun jika seseorang yang diterapi mengalami cedra kepala, sebaiknya tidak dilakukan terapi dengan headphone atau headset, tetapi diterapi langsung dengan suara asli. Karena dikhawatirkan merusak bagian kepala.

Selain itu jika menggunakan headphone atau headset sebagai alat, gunakanlah volume yang cukup, jangan terlalu kencang (dikhawatirkan mengganggu pendengaran).

Manfaat : Apa saja manfaat terapi murottal ?

Terapi murottal sangat bermanfaat sekali sebagai terapi tambahan dalam menurunkan tekanan darah tinggi selain menggunakan obat-obatan. Dengan kombinasi obat dan terapi ini, maka penurunan tekanan darah akan semakin baik dan capat. Penulis sendiri mencatat manfaat terapi murottal dalam menurunkan tekanan darah pada lansia, dimana seorang perempuan lansia tua yang memiliki tekanan darah 240, turun jadi 200 pada hari ke 2 tanpa mengkonsumsi obat-obatan.



Sedangkan pada pria tua dengan tekanan darah 190, turun menjadi 160 pada hari ke tiga, tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Ini merupakan nilai yang sangat pesat menurut penulis. Apalagi jika dikombinasikan dengan obat-obatan yang di beli di pelayanan kesehatan, tentu akan menurun lebih baik.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, penulis juga pernah melantunkan terapi murottal pada seorang bayi yang menangis di ruang perinatologi (ruangan khusus bayi di rumah sakit). Ketika di lantukan, bayi yang menangis menjadi diam dan terlelap tidur. Belum diprediksi kenapa bisa terjadi, tapi hampir kebanyakan bayi di ruangan tersebut berhenti menangis setelah dilantunkan terapi murottal.

Penulis memperkirakan bahwa terapi murottal mampu membuat tenang manusia, dari lansia bahkan bayi yang belum paham sekalipun.



Penatalaksanaan : bagaimana cara melakukan terapi ?

Terapi murottal sangat mudah dilakukan, tanpa bantuan siapapun. Kecuali jika anda memang memiliki gangguan fisik seperti tubuh tidak mampu digerakan. Yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan dan duduk santai.

Peralatan yang diperlukan adalah handphone, aerphone/ headset, kursi untuk duduk/berbaring, dan ayat al-quran. Pertama siapkan dulu murottal, bisa di dengarkan di youtube, saya sendiri menyarankan surat ar-rahman, dengan durasi selama 10 sampai 15 menit an.

Jika semua peralatan sudah siap, duduklah yang santai, lebih baik mendengarkan terapi dalam ruangan tanpa ada siapapun. Tapi jika ada orang lain juga tidak apa-apa, karena kita menggunakan aerphone atau headset. Jangan lupa matikan televisi agar lebih nyaman. Dengarkanlah ayat terapi secara seksama, dan renungkanlah kesalahan yang telah kita perbuat.



Oh ya hampir lupa sebelum terapi, sebaiknya ukur dulu tekanan darah. jika terapi sudah selesai dilakukan, rilekskan tubuh selama beberapa menit, lalu ukur kembali tekanan darah, dan bandingkan dengan tekanan darah sebelum terapi. Jika tidak ada perubahan jangan khawatir, terkadang pada beberapa orang tidak langsung menurun secara seksama.

Lakukan kembali terapi murottal ini ke esokan harinya. Jika bisa lakukan setiap hari tanpa berhenti. Mungkin sampai disini tulisan kali ini, semoga bermanfaat, sampai berjumpa di tulisan kami yang lainnya.