Ini dia Tanda-tanda POSITIF hamil pada Perempuan

 

Tanda-tanda POSITIF hamil pada Perempuan



Tahukah sahabat apa saja tanda-tanda positif hamil pada perempuan ? apakah mual-mual ? Jika sehabat belum tahu, Kami akan membantu sahabat mendapatkan jawabannya. Kita tahu bahwa Kehamilan merupakan dambaan bagi pasangan yang telah menikah, apalagi bagi mereka yang baru ingin mendapatkan anak pertama. Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan kenapa kehamilan bisa terjadi, hanya sahabat +62 serta tuhan yang tahu.

Hamil merupakan kondisi dimana perut seorang perempuan membesar, bukan membesar karena gendut atau bertambah lemak, tetapi terdapat orang ketiga diantara sahabat serta pasangan. Orang ketiga ini kami namakan dengan “janin”. Janin akan tumbuh dalam perut perempuan selama 9 bulan, sedangkan usia normal kehamilan adalah 280 hari (9 bulan 7 hari).

Oh, ya sahabat positif62. Terdapat 3 tanda yang sering terjadi pada ibu hamil. Dan 3 tanda ini juga beranak pinak lagi. Pertama adalah tanda perempuan merasa hamil namun belum pasti, tanda yang kedua adalah tanda yang memungkinkan perempuan hamil, serta tanda terakhir adalah tanda yang sangat pasti bahwa perempuan hamil. Oke, mari kita simak. Ini dia



Tanda-Tanda Positif Hamil

1. Tanda Positif Hamil yang belum Pasti

 

Pertanda ini biasanya dirasakan oleh perempuan (bukan laki-laki ya). Dimana perempuan akan merasakan gejala mual dan muntah, amenorea (berhentinya menstruasi), singkope (pingsan), sering miksi (buang air), ngidam, payudaya menjadi tegang serta konstipasi.

Perempuan yang berhenti menstruasi terkadang bisa diakibatkan oleh kehamilan, namun penyakit kronik juga dapat menimbulkan menstruasi berhenti. Itulah sebabnya ketika seorang wanita mulai berhenti menstruasi, dan sahabat curiga ada sesuatu yang terjadi seperti kehamilan atau hal lainnya dianjurkan untuk segera cek ke pelayanan kesehatan.



Gejala mual muntah sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai tanda positif hamil, hal ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Ketika perempuan hamil, akan ada pengaruh yang timbul oleh hormon estrogen dan progesteron pada wanita, pengaruh ini dapat menimbulkan peningkatan asam lambung sehingga mengakibatkan rasa mual dan muntah.

Sering buang air kecil juga dapat menjadi tanda bahwa kamu positif hamil, hal ini berhubungan dengan penambahan bobot janin atau rahim. Rahim akan membesar dan maju kedepan yang dapat menimbulkan penyempitan pada penampung urin (uretra) dalam tubuh, sehingga penyempitan ini dapat menimbulkan volume penumpungan urin semakin sedikit, yang membuat rasa ingin kencing semakin sering.

Tanda selanjutnya adalah konstipasi (susah buang air besar). Kesulitan dalam buang air besar ditimbulkan karena pengaruh hormon progesteron. Hormon progesteron ini menghambat pertistaltic usus dan timbulah kesulitan dalam buang air besar.



Kenapa payudara wanita yang hamil terasa tegang? Hal ini timbul karena pengaruh hormon yang membuat payudara menjadi besar, sehingga pembesaran ini dapat terasa tegang dan nyeri selama dua bulan pertama kehamilan. Hormon-hormon tersebut yaitu estrogen, progesteron, serta pengaruh somatomamotropin. Selain terasa tegang, puting susu akan melebar serta akan terjadi pengeluaran skrotum (asi pertama yang berwarna kuning, yang tinggi dengan zat antibody).

Terjadinya pingsan (syncope) pada ibu hamil yaitu karena Kebutuhan akan oksigen meningkat pada ibu hamil. Wanita hamil umumnya akan mudah pingsan jika berada di tempat yang ramai, hal ini karena dikeramaian semua orang akan bersaing untuk mendapatkan oksigen termasuk ibu hamil. Jika oksigen tidak terpenuhi pada ibu hamil, maka akan terjadi iskemia dan terjadilah pingsan.

2. Tanda Mungkin Positif Hamil

 



Kenapa tanda ini mungkin ?, karena hal ini dapat terjadi pada ibu hamil. Tanda Pertama adalah terjadinya pembesaran perut, pembesaran perut pada ibu hamil akan tampak pada usia 4 bulan.

Lalu tanda yang dapat timbul adalah terjadinya pelunakan uterus (rahim), rabalah sekitar area pusar, biasanya akan teraba lunak (pada wanita yangn tidak hamil kelunakan terasa seperti hidung, sedangkan pada wanita hamil terasa seperti bibir).

Tanda lainnya adalah perubahan warna mukosa vagina, vulva menjadi warna ungu. Lalu, teraba balottement, yaitu ketika dilakukan ketukan mendadak pada uterus yang mengakibatkan bayi bergerak di dalam ketuban. Pergerakan ini dapat dirasakan oleh pemeriksa.

Lalu ada pemeriksaan biologis kehamilan  untuk mendeteksi adanya HCG (human chrorionic Gonadotropin), hcg ini dihasilkan oleh sinsiotropoblastik yang akan dieksresi (dibuang) ke urin ibu. Hormon ini bisa dideteksi 26 hari setelah konsepsi.

3. Tanda Positif Hamil (pasti)

 

Ini adalah tanda pasti seorang ibu dapat dikatakan hamil, pertama adanya gerakan janin dalam rahim. Biasanya gerakan janin baru dapat dirasakan oleh pemeriksa pada usia 20 mingguan. Lalu tanda selanjutnya adalah adanya DJJ (denyut jantung janin). Djj dapat didengar  mulai pada usia 12 tahun, Alat yang dapat digunakan untuk mendengar denyut jantung janin adalah dopler atau stetoscop.

Pemeriksaan lain dalam mengetahui adanya bayi atau janin dalam perut adalah dengan meraba perut.  Dalam meraba perut pastikan dilakukan oleh orang yang ahli, seperti bidan (untuk mencegah agar tidak terlalu keras dalam perabaan). Biasanya akan teraba adanya lengan atau kaki.

Pemeriksaan ini dilakukan pada usia kehamilah trimester 3 (usia kehamilan tua). Untuk lebih mudah sahabat bisa melakukan pemeriksaan USG ataupun foto rontgen, dengan pemeriksaan ini sahabat juga akan mengetahui kerangka janin.

Itu dia sahabat +62 tanda-tanda seorang perempuan positif hamil bagi. oh ya, ada info menarik nih ???


Cara Menambah Berat Badan