Menu Tutup

Tanda orang yang akan meninggal dunia

tanda orang yang akan meninggal dunia

Ketika seseorang akan meninggal dunia, maka akan timbul berbagai tanda dan gejala seperti tubuh yang mulai lemas, pandangan mata menurun, dan sebagainya, namun tidak semua tanda dan gejala ini muncul pada orang yang akan meninggal dunia. Tanda dan gejala kematian pada seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti penyebab kematiannya, tentu kita tahu bahwa akan ada perbedaan antara orang yang akan dipenggal kepalanya, dengan orang yang akan meninggal karena penyakit jantung.

Namun pada dasarnya tanda seseorang yang akan meninggal selalu memiliki persamaan, misalnya napas mulai menurun dan menghilang. Secara keseluruhan Ada 4 tanda seseorang yang akan menghadapi kematian.

Tanda Orang yang akan meninggal Dunia

1. Kehilangan tonus Otot

Ini merupakan tanda yang umum pada seseorang yang akan meninggal, dimana tonus otot mulai mengalami penurunan. Sebagaian otot-otot yang ada dalam tubuhnya mulai tidak dapat digerakan, berikut ini tanda kehilangan tonus otot pada orang yang akan meninggal.

  1. Otot-otot di wajah mulai mengalami relaksasi (tidak bertenaga), contohnya rahang yang menurun.
  2. Karena terjadi relaksasi otot, maka berbicara juga menjadi sulit.
  3. Akan mengalami kesusahan ketika menelan makanan, hal ini karena refleks menelan tidak berfungsi.
  4. Sistem pencernaan juga mengalami penurunan aktivitas, salah satu tandanya yaitu adanya mual.
  5. Terjadinya akumulasi flatus atau penumpukan kentut, terjadinya distensi perut, dan retensi tinja. Hal ini dapat terjadi terutama jika orang tersebut diberikan obat penenang.
  6. Terjadinya inkontinensia urin dan defekasi, yaitu timbul karena spinkter mengalami penurunan. Spinkter merupakan bagian penahan, sehingga jika spinkter ini menurun maka akan terjadi pengeluaran air kencing atau tinja (BAB).
  7. Pergerakan tubuh juga mulai menurun.

2. Menurunnya sirkulasi

Sirkulasi juga mengalami penurunan, sehingga akan memunculkan tanda seperti berikut :

  1.  Terjadinya kebiruan (sianosis), yang dapat terlihat pada ekstremitas. Yaitu di kaki atau di tangan tampak berwarna biru.
  2. Kulit tubuh terasa dingin, dimana rasa dingin ini muncul di bagian kaki, lalu menuju ke tangan, dan kebagian telinga. Namun tidak memungut kemungkinan kulit terasa hangat, hal ini biasanya terjadi karena suhu tubuh sebelumnya mengalami peningkatan (demam).
  3. Karena terjadi penurunan sirkulasi, maka dia akan merasakan penurunan sensasi. Dimana tubuh sudah tidak merasakan apapun yang disentuhnya.

3. Perubahan tanda-tanda Vital

  1. Ketika anda meraba denyut nadi, maka akan terasa lemah.
  2. Tekanan darah juga ikut menurun.
  3. Frekuensi napas menjadi pelan (abnormal).
  4. Terjadinya pernapasan chyene stokes, ketika bernapas mengeluarkan suara, dan terjadi penumpukan mucus atau sekret di paru-paru. Selain itu, pernapasan juga melalui mulut, sehingga bagian membran mulutnya mengalami kekeringan.

itu dia tanda-tanda orang yang akan meninggal dunia. semog dapat dipahami, dan terimakasih sudah membagikan tulisan ini, semoga warga +62 semakin sehat. sampai jumpa lagi.

Tentang Penulis: fatimah azzahra
Tell us something about yourself.
Share +62