Sikap Perawat Kepada Pasien Selama Perawatan

Sikap Perawat Kepada Pasien Selama Perawatan

Positif62 – Banyak sekali beredar video syur yang menunjukan sikap perawat yang buruk kepada pasien, Begitu juga sebaliknya, Banyak juga video yang menunjukan sikap buruk Keluarga / Pasien terhadap Perawat. Namun tak sedikit, Perawat yang diberikan penghargaan oleh pasien, Atas perawatan yang sangat menyenangkan.



Hal yang harus diingat oleh Perawat adalah, Kita harus senantiasa menunjukan Profesionalisme kita sebagai Perawat, Walaupun pihak pasien bersikap Buruk terhadap kita. Lama kelamaan, Kalau kita terus menunjukan sikap yang baik selama perawatan, pihak pasien akan Care terhadap kita.

Sikap Perawat Kepada Pasien Harus Seperti Apa

Ada 5 sikap yang harus dilakukan oleh perawat dalam merawat pasien :

1. Cepat

Perawat harus melakukan tindakan dengan cepat sesuai dengan waktu yang ditentukan atau standar ketentuan rumah sakit. Sikap cepat selama tindakan, menunjukan bahwa kamu adalah orang yang profesional.



Selain itu, Melakukan tindakan dengan cepat juga menguntungkan buat kamu. Pasalnya, Di Rumah sakit selalu ada kejadian yang tidak di inginkan, misalnya seperti pasien tiba-tiba syok dan sebagainya. Karena kita sudah melakukan semua tindakan sebelumnya, maka kita dapat lebih fokus menangani pasien yang mengalami syok, Sehingga kita tidak membebankan pekerjaan ke sift yang berikutnya.

2. Tepat

Melakukan perawatan dengan cepat tapi tidak tepat, akan membuat kamu terlihat ceroboh. Hal ini akan menimbulkan keraguan bagi orang lain, terutama pasien itu sendiri. Bisa saja, karena kamu keseringan melakukan kesalahan, Pasien tidak mau lagi dirawat oleh kamu.

Jika terjadi hal tersebut, Maka akan sangat Fatal akibatnya. Dengan demikian, Pastikan kamu melakukan tindakan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasien, dan SOP yang berlaku di Rumah Sakit.



3. Aman

Tindakan medis terlihat menyeramkan bagi pasien, terutama ketika perawat membawa suntikan. Kita harus bisa memberikan rasa aman kepada pasien, baik aman fisik atau fsikisnya.

Merubah mindset pasien tidak semudah yang kita bayangkan, karena sejak awal pasien masuk rumah sakit sudah merasa dirinya tidak aman. Berhati-hatilah saat melakukan tindakan, berikan keyakinan kepada pasien bahwa semua tindakan yang kita lakukan cepat, tepat, dan tentunya aman.

4. Ramah Tamah

Seluruh pasien menyukai perawat yang bersikap ramah tamah, dan sopan santun. Maka dari itu, berkomunikasilah dengan bahasa yang sopan dan lembut. Ketika pasien mulai terbuka dengan kamu, tanyakanlah keluhan yang dialami pasien, penyebabnya dan sebagainya. Pastikan kamu mendengarkannya dengan seksama, penuh perhatian, dan menunjukan rasa peduli kepadanya.



Jika kamu ramah kepada pasien, maka pasien juga akan remah kepadamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan pengkajian, dan tindakan.

5. Nyaman

Rasa nyaman akan sulit didapat di Rumah Sakit, Kenapa ? karena pikiran pasien lebih fokus pada perawatan dibandingkan kenyamanan. Untuk membirkan rasa nyaman kepada pasien, Kamu harus menata lingkungan pasien senyaman mungkin. Lalu, melakukan 4 point diatas yaitu : Cepat, Tepat, Aman, dan Ramah Tamah.

Lama-kelamaan pasien akan terbiasa atau beradaptasi dengan lingkunnya, sehingga timbulah rasa nyaman. Rasa nyaman sangat penting pasien dapatkan, Karena rasa nyaman membantu menyembuhkan pasien.



Rasa nyaman akan menurunkan faktor stress, dan sangat berguna bagi para penderita Lambung, Masalah jantung seperti hipertensi, dan meningkatkan proses penyembuhan

Berbicara soal sikap, ada artikel menarik nih, yang wajib kamu baca :

– faktor-faktor yang mempengaruhi sikap seseorang

– Ciri Kepribadian Seorang Perawat yang Ideal

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar