Sakit Perut Karena Makan Makanan Pedas ? Berikut Cara Mengatasinya

Sakit Perut Karena Makan Makanan Pedas ? Berikut Cara Mengatasinya

Positif62 – Cara mengatasi Sakit perut karena makan makanan pedas. Masyarakat Indonesia tidak akan pernah bisa jauh dari makanan pedas. Alhasil masalah perut selalu dikeluhkan.

Meskipun ada sensasi tersendiri ketika menikmati makan-makanan yang pedas, Namun perut anda bisa melilit jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Apalagi jika anda mengalami penyakit lambung yang sudah menahun, Tentu akan memperburuk kondisi lambung anda.

Sebelum menginjak ke pembahasan, Ada satu fakta menarik yang perlu anda ketahui terkait alasan kenapa perut terasa sakit atau panas ketika mengkonsumsi makanan pedas degan porsi yang melebihi batas.

Rasa sakit dipicu oleh adanya senyawa kimia yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak. Senyawa kimia ini umumnya disebut capsaicin. Jadi sebaiknya anda mengurangi takaran cabai / sambel yang anda konsumsi.

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Makanan Pedas Berlebihan

1. Mengkonsumsi Teh Chamomile

Teh Chamomile atau Kamomil sudah sejak dulu selalu menjadi solusi untuk mengatasi sakit perut karena makan pedas. Teh ini mempunyai kandungan senyawa anti-inflamasi yang bisa meredakan masalah peradangan, membuat otot pencernaan menjadi rileks, dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi teh Kamomil maka perut akan lebih nyaman dan tentunya rasa melilit bisa teratasi.

2. Mengkonsumsi Teh Peppermint

Selain kamomil ada pula satu jenis teh yang berkhasiat untuk mengatasi sakit perut karena makan pedas. Sebut saja teh peppermint, tanaman herbal yang sudah ada sejak jaman dahulu dan sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan yang terjadi di pencernaan manusia.

Dari studi yang pernah dilakukan Mount Sinai, teh peppermint mempunyai efek yang dapat menenangkan serta meringankan gejala sakit perut. Hal ini karena kandungan metil salisilat serta mentol yang memicu munculnya efek antispasmodic.

Efek inilah yang menjadi penghambat atau penenang bagi saluran pencernaan.

Anda dapat mengunyah teh Peppermint secara langsung atau membuatnya menjadi air teh hangat, Tergantung keinginan anda.

3. Air perasan Lemon plus Madu

cara mengatasi sakit perut yang selanjutnya yakni dengan mengkonsumsi campuran air perasan lemon serta madu.

Kedua campuran ini dapat meredakan rasa pedas dan panas pada mulut ataupun perut. Madu memiliki kandungan gula alami sedangkan lemon sifatnya lebih asam. Jika keduanya digabungkan maka akan menjadi penetralisir capsaicin dengan mengikat molekul-molekulnya.

Akan tetapi hal ini hanya dianjurkan bagi orang-orang yang tidak mempunyai gangguan lambung. Pasalnya kandungan asam pada lemon bisa saja memperparah gejala karena Anda sudah memiliki riwayat penyakit asam lambung atau sering disebut GERD

4. Mengkonsumsi air rebusan jahe

Sudah bukan hal tabu lagi jika jahe menjadi salah satu bahan herbal yang kaya akan khasiat. Bahkan dari jaman nenek moyang dahulu jahe sudah dipercaya menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali sakit perut yang diakibatkan karena terlalu banyak memakan-makanan pedas.

Jahe memiliki kandungan senyawa anti radang yang bisa meringankan gejala sakit perut, mual, muntah, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Tidak sampai disitu saja, jahe juga berperan dalam mengatasi sakit perut karena makan pedas, Hal ini karena kandungan-kandungan dalam jahe yang mampu meredam rasa sakit yang muncul.

Untuk mengolahnya pun tidak sulit, karena Anda dapat merebus jahe pada air mendidih kemudian mengkonsumsi air rebusannya tersebut. Selain itu jahe juga dapat menjadi teman di berbagai olahan karena aromanya yang sedap membantu memperkuat bau masakan yang matang.

5. Mengompres Perut dengan Air Hangat

Melakukan kompres dengan air hangat jarang dilakukan oleh orang yang mengalami gejala sakit perut akibat makan masakan pedas. Namun ini adalah salah satu cara untuk mengatasi sakit perut karena makan pedas.

Handuk kompres yang sudah dicelupkan pada air hangat dan ditempelkan di area perut yang sakit, Akan membuat otot perut menjadi lebih rileks. Sehingga dapat memberikan sensasi nyaman dan menurunkan intensitas nyeri.

Selain menggunakan handuk, anda juga bisa menggunakan peralatan dapur seperti heating pad, botol, dan lain sebagainya.

6. Minum Olahan yang berbahan baku susu

Ketika seseorang merasa mulutnya terbakar akibat mengkonsumsi makanan pedas, biasanya akan reflek meminum es dengan porsi yang banyak. Padahal ini bukanlah hal yang baik, Karena es tidak dapat menetralkan senyawa capsaicin, Bahkan sebaliknya malah membuat Anda merasakan pedas yang semakin menyengat.

Oleh karena itu sebainya anda meminum atau mengkonsumsi olahan yang berbahan dasar susu. Misalnya saja keju, susu cair, es krim, yogurt, dan lain sebagainya.

Susu sendiri mempunyai molekul kasein yang dapat menetralisir capsaicin. Bisa dikatakan peran susu dalam perut seperti sabun cuci piring yang membersihkan sisa-sisa lemak atau minyak pada wadah tertentu.

Jadi susu tidak hanya membuat senyawa menjadi netral kembali melainkan juga membersihkannya. Oleh karena itu tidak heran apabila banyak orang mengkonsumsi susu setelah mengkonsumsi makanan yang pedas.

Meskipun demikian Anda lebih baik menjauhi makanan pedas dengan porsi yang banyak. Pasalnya hal itu kurang baik untuk kesehatan dan bahkan dapat memicu penyakit lambung.

7. Mengkonsumsi minuman manis

Cara mengatasi sakit perut akibat makan pedas yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi minuman manis. Dari beberapa media menyebutkan bahwa minuman yang sudah ditambahkan gula dan madu dapat membantu menghilangkan rasa panas sekaligus sensasi pedas pada perut.

Namun jika ingin mengkonsumsi jus buah maka lebih disarankan untuk tidak memakai gula karena di dalam buah seperti pisang dan alpukat sudah terdapat kandungan gula. Kalaupun malas untuk membuat jus, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan secara langsung namun teksturnya harus lembut.

Dengan cara inilah perlahan kadar senyawa capsaicin yang muncul akibat makanan pedas bisa berangsur netral kembali. Sehingga dipastikan bahwa rasa sakit yang muncul pada perut juga akan menghilang.

Meskipun cabai pedas, bukan berarti anda harus berhenti mengkonsumsinya. Karena cabai mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, seperti yang disebutkan pada artikel berikut ini :

– Manfaat cabai bagi tubuh

Yang perlu anda lakukan adalah menurunkan kadar cabai yang akan dikonsumsi. Baca juga artikel berikut untuk menambah wawasan anda.

– 14 Manfaat dan Kegunaan Kafein pada Kopi yang Jarang Diketahui

 

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar