Posisi Buang Air Kecil yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Buang Air Kecil yang Baik Untuk Ibu Hamil

Dalam melakukan aktivitas keseharian, Ibu hamil akan dibayang-bayangi dengan rasa takut dan serba salah. Terutama ketika usia kandungan sudah mencapai 4 bulan keatas, Kondisi Perut akan lebih besar dari biasanya, Sehingga aktivitas yang dilakukanpun lebih terbatas. Ibu hamil memiliki kewaspadaan tinggi, apalagi menyangkut dengan sang buah hati, maka dari itu banyak yang mencari tahu tentang bagaimana posisi buang air kecil yang baik untuk ibu hamil.

Bagi ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya, Kondisi semacam ini tentu sudah biasa. Namun bagi seorang ibu muda yang baru pertama kali hamil, Memerlukan waktu untuk beradaptasi dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Posisi Buang Air Kecil (BAK) yang Baik Untuk Ibu Hamil

Menurut para ahli menyatakan bahwa posisi buang air kecil yang baik untuk ibu hamil yaitu dengan posisi jongkok. Posisi Jongkok dapat mempercepat buang air kecil dan menuntaskan sisa-sisa air kencing yang ada.

Namun, Jika anda merasa kurang kuat menopang tubuh, maka jangan paksakan BAK dengan posisi jongkok. Sebaiknya anda buang air kecil dengan posisi duduk saja, Hal ini untuk menjaga anda agar tidak jatuh. Selain itu, Pastikan lantai kamar mandi tidak licin.

Lebih lengkapnya, Berikut ini ada beberapa tips dalam buang air kecil jongkok yang aman bagi ibu hamil.

Tips Aman Posisi BAK Jongkok Untuk Ibu Hamil

Menurut Riset yang dilakukan para ahli bahwa Posisi BAK secara jongkok dapat mencegah terjadinya wasir. Selain itu, Ibu hamil yang membiasakan diri Buang air kecil dan buang air besar dengan posisi jongkok dapat memudahkan atau memperlancar proses jalan lahir sebesar 30%.

1. Pastikan Toilet dalam Keadaan Kering

Kondisi tubuh dan perut yang semakin hari semakin besar pada ibu hamil, tentunya dalam beberapa hari saja akan terasa lelah dalam bergerak. Bahkan untuk buang air kecil dan besar saja lama-kelamaan juga bisa kesusahan.

Apalagi jika kondisi kamar mandi licin, tentu sangat berbahaya. Maka dari itu, Usahakan area toilet dalam keadaan kering, selalu gunakan sandal jepit agar tidak terpeleset saat berada di kamar mandi.

2. Pastikan Toilet Terang dan Mempunyai Ventilasi

Anda sebaiknya memperhatikan kondisi toilet dirumah anda, Terutama penerangan cahaya dan ventilasi udara.

Anda jangan masuk kamar mandi dalam keadaan gelap, Karena sangat beresiko untuk jatuh. Selain itu, Sangat penting sekali adanya ventilasi udara yang bertujuan agar ruangan tetap nyaman dan segar.

3. Berpegangan

Ketika hendak melakukan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB), ibu hamil akan mengalami kesulitan, baik saat jongkok maupun saat ingin berdiri, di sinilah fungsi pegangan yang sebaiknya ada di dekat kloset kamar mandi.

Memasang pegangan memang wajib dan harus dilakukan, Terutama jika di rumah anda terdapat Lansia dan Ibu Hamil. Namun jika tidak ada pegangan sama sekali, Maka jongkok dan berdirilah secara pelan-pelan, Bepeganganlah pada tembok kering atau pada bak mandi.

Itulah dia tips aman dalam menjaga sang buah hati saat anda hendak buang air kecil ke kamar mandi. Namun people +62, Tidak hanya bagian kamar mandi saja yang selalu diperhatikan, Tapi asupan makanan dan minuman juga sebaiknya diperhatikan.

Berbagai makanan mulai dari sayuran maupun buah sebaiknya mulai di konsumsi dengan cukup agar dapat memperlancar dalam proses pencernaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat tentunya sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu yang sedang hamil.

Oh ya sahabat people +62, Mungkin anda ingin bertanya mengapa ibu hamil seringkali merasa ingin buang air kecil namun yang keluar hanya sedikit. Jika anda mengalaminya, maka jangan khawatir, Itu merupakan hal alami yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Ibu hamil akan BAK lebih sering dari biasanya, hal ini terjadi karena kandung kemih tertekan oleh sang buah hati, sehingga volume air kencing menjadi lebih sedikit dan respon ingin BAK menjadi lebih sering dari biasanya.

Selain mengalami masalah BAK, Ibu hamil juga seringkali mengalami sembelit. Berikut cara mengatasi sembelit pada ibu Hamil.

cara mengatasi sembelit saat hamil dengan aman

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar