Penyebab Nyeri saat Datang Bulan pada Wanita, Klik dan Pahami

Penyebab Nyeri saat Datang Bulan pada Wanita

Apa sih yang menjadi Penyebab Nyeri saat Datang Bulan pada Wanita ?Nyeri dan kram pada saat datang bulan yang sering dialami semua kaum wanita ini ternyata bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pada umumnya akan disebabkan oleh dua faktor.

Penyebab Nyeri saat Datang Bulan pada Wanita

1. Kontraksi Pada Otot Rahim

Saat periode menstruasi sel telur yang tidak dibuahi di bagian dinding rahim memang akan langsung luntur dan hancur menjadi cairan gumpalan darah. Bahkan lebih mirip dengan darah. Di bagian dinding rahim juga pada bagian otot- ototnya akan mengalami kontraksi ketika semua sel telur yang ada di dinding rahim ini keluar.

Kondisi ketika otot-otot pada rahim ini berkontraksi akan keluar salah satu bahan kimia yang bisa menyebabkan rasa nyeri, misalnya saja prostaglandin. Prostaglandin ini akan menimbulkan kontraksi otot rahim yang terus menerus semakin kuat sehingga nyeri bisa sangat terasakan.

Zat kimia yang ada di dalam rahim ini memang tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala, mula dan berbagai keluhan lainnya.

Wajar saja kalau wanita sedang haid pastinya akan sering mudah marah dan mudah tersinggung, karena di samping merasakan berbagai hal yang tidak mengenakkan di perutnya, ada berbagai hormon yang juga meningkat.

2. Adanya Penyakit dan Gejala Penyakit Tertentu

Ada beberapa gangguan yang bahkan bisa saja membuat nyeri saat haid bisa lebih parah. Biasanya karena salah mengkonsumsi makanan atau bahkan salah mengkonsumsi obat-obatan. Untuk itu disarankan memang jangan terlalu banyak menyuplai berbagai obat – obatan penghilang rasa nyeri saat haid.

Jika ingin mengkonsumsi obat karena rasa nyeri yang terlalu kuat, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter agar nantinya tidak terjadi kesalahan.

Pola dan gaya hidup yang memang salah, atau bahkan pekerja berat biasanya juga mempengaruhi pada nyeri di bagian perut. Jadi timbulnya rasa nyeri yang kuat justru bukan karena haid, melainkan problem lain misalnya encok karena sering mengangkat benda berat dengan posisi yang salah.

Penyakit radang panggul juga bisa menyebabkan nyeri yang tak tertahankan. Penyakit jenis ini biasanya memang ditularkan secara hubungan seksual. Infeksi virus dapat masuk ke dalam panggul dan membuat area panggul menjadi radang.

Gejalanya meliputi rasa sakit saat berhubungan intim maupun menstruasi, rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil, sering mengalami pendarahan dan keputihan. Ini biasanya akan berefek pada saat menstruasi. Bukan hanya nyeri dari periode haid tapi ada faktor lain jika memang rasa nyeri dan kram yang ditimbulkan tidak tertahankan.

Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya langsung saja konsultasikan ke dokter agar segera bisa di diagnosis mengenai masalah Anda. Tentunya agar bisa memperoleh pengobatan yang sempurna tentunya harus mendatangi petugas medis yang sudah berkompeten dengan masalah kewanitaan.

Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan nyeri yang kuat adalah fibroid, ini akan memunculkan benih kanker yang akan tumbuh baik di luar dan di dalam rahim. Sebaiknya langsung saja konsultasikan ke dokter jika memang nyeri dan kram terlalu tak tertahankan.

dari tadi kita berbicara tentang rasa sakit yang dialami wanita ketika datang bulan, Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri saat haid ini. Baca di link berikut ini.

Cara Mengatasi Nyeri saat haid

– Anemia : Pengertian, Penyebab, dan pengobatan

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar