Menu Tutup

Pelayanan Home Care : Pelayanan Kesehatan di rumah

Pelayanan Home Care - Pelayanan yang dilakukan di rumah

Pelayanan medis dapat dilakukan dimana saja, baik di rumah Sakit, puskesmas, atau bahkan di rumah sendiri. Pelayanan Kesehatan yang dilakukan dirumah sendiri dapat disebut juga sebagai home care. Jika diartikan dari Bahasa ingris, home berarti “rumah” Dan care berarti “peduli”, Yang berarti bahwa home care adalah sebuah kepedulian yang dilakukan kepada seseorang individu di rumahnya.

Umumnya, home care adalah suatu Pelayanan medis yang dilakukan oleh seorang perawat yang Profesional. Arti perawat Profesional disini adalah dia yang telah berpengalaman atau telah mengikuti pelatihan, sesuai dengan kebutuhan tindakan medis yang akan dilakukan di rumah pasien.

Dalam mengikuti Satu jenis pelatihan, seorang perawat dapat menghabiskan biaya 3 juta sampai 20 juta, tergantung jenis pelatihan yang diikuti. Jadi, Jika Anda ingin memesan jasa perawat, Anda tidak perlu khawatir tentang Pelayanannya.

Siapa saja orang yang memerlukan Pelayanan Home Care?

Ada berbagai alasan kenapa orang membutuhkan Pelayanan Kesehatan dirumah (Home Care), yaitu :

1. Usia yang mulai menua

Tentu kita ketahui bahwa Usia lansia adalah Usia yang sangat rentan terhadap penyakit. selain itu ketika seseorang menginjak Usia lansia, berbagai fungsi tubuh mengalami penurunan, seperti pendengaran mulai berkurang atau penglihatan mulai kabur.

Dalam Dunia keperawatan, Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada lansia adalah keperawatan geriatri.

Merawat lansia dapat dikatakan berat, Hal ini karena Para lansia memiliki emosional yang labil. Mereka mudah sekali tersinggung Dan mudah sekali sedih atau kecewa.

Home Care yang diberikan kepada lansia dapat beragam, tergantung dari kebutuhan Dan kondisi lansia itu sendiri. Home care yang diberikan Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum, mandi, Dan pengaturan diit yang tepat bagi lansia.

2. Bantuan Hidup dasar (BHD)

Seseorang dengan kondisi gawat darurat atau kritis, memerlukan tindakan segera agar dirinya dapat terselamatkan. Jauhnya tempat Pelayanan Kesehatan, akan membuat dia meninggal diperjalanan, sehingga memerlukan seorang Tim medis terdekat seperti perawat.

Hal-Hal yang membuat seseorang kritis biasanya adalah orang yang memiliki penyakit jantung atau kecelakaan dengan perdarahan yang hebat.

Resusitasi jantung paru (RJP) adalah salah Satu tindakan untuk menyelamatkan pasien yang kritis.

3. Perawatan Luka

Umumnya, orang yang membutuhkan home care Dalam perawatan Luka adalah orang yang sudah selsai operasi. Atau orang-orang dengan Luka besar seperti Luka combustio (Luka Bakar).

Perawatan Luka yang dilakukan Secara asal-asalan, akan mengakibatkan infeksi yang dapat berujung pada amputasi. Apalagi bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti penyakit diabetes melitus.

4. Penyakit dengan waktu penyembuhan yang lama

Berbagai penyakit yang memerlukan waktu penyembuhan yang lama yaitu penyakit jantung, diabetes, atau stroke,

Orang dengan penyakit stroke, perlu perawatan yang lebih ekstra. Hal ini karena orang yang mengalami penyakit stroke tidak dapat melakukan kegiatan Secara mandiri.

Orang dengan penyakit stroke perlu memesan jasa Pelayanan Home Care, agar mempercepat waktu penyembuhan.

Tindakan keperawatan yang dilakukan selain membantu ADL pasien, yaitu terapi ROM Pasif yang dapat membantu meningkatkan kesembuhan.

5. Perawatan Bayi atau anak

Melahirkan seorang anak menjadi dambaan sepasang suami istri. Sehingga beberapa orang memesan jasa pelayanan Home care untuk memberikan perawatan ekstra pada anaknya.

Selain itu, jasa Pelayanan home care pada anak, ditujukan untuk mempercepat kesembuhan anak, terutama anak-anak yang lahir dengan kondisi yang cacat.

Dimana seseorang dapat memesan Pelayanan Home Care?

Untuk memesan jasa Pelayanan home care, seseorang dapat berkunjung ke rumah Sakit terdekat atau ke puskesmas terdekat, Yang tentu nya menyediakan jasa home care tersebut.

Selain itu, Anda dapat meminta tetangga Anda yang berprofesi sebagai perawat yang sudah berpengalaman, atau sudah mengikuti berbagai pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan tindakan.

Cara selanjutnya untuk dapat memesan jasa Pelayanan Home Care adalah dari online. Ada berbagai perusahaan yang memberikan jasa home care Dengan sistem digital. Anda dapat mencarinya di pencarian Google atau Bing dengan kata kunci “jasa home care”.

Manfaat Dan Kelebihan Pelayanan Home Care

Berbicara tentang Manfaat serta Kelebihan dari Pelayanan kesehatan home care, Maka yang pertama kita ingat adalah fleksible. Dimana perawatan medis dapat dilakukan kapanpun Dan dimanapun, sehingga, seseorang dapat merasa lebih bebas dibandingkan dengan perawatan yang dilakukan di rumah Sakit.

Perawatan home care juga dapat menurunkan tingkat stress seseorang, karena Pelayanan Kesehatan di rumah dirasa lebih nyaman dibandingkan dengan Pelayanan yang dilakukan dirumah Sakit.

Itulah dia informasi tentang home care, semoga dapat menambah wawasan Para pengunjung sekalian.

Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62