menurunkan tekanan darah tinggi yang aman dan mudah

Apakah sahabat +62 mengalami peningkatan tekanan darah ? atau salah satu keluarga sedang mengalami darah tinggi ?, Atau mungkin sahabat +62 membutuhkan informasi bagaimana cara menurunkan tekanan darah yang tinggi. Sahabat sudah tepat mencari informasi untuk menurunkan tekanan darah, karena jika Penyakit ini tidak diobati bisa berbahaya bagi kesehatan sahabat.

Tahukah sahabat bahwa tekanan darah tinggi merupakan penyakit nomer satu di indonesia. faktor pendukung seperti pola hidup yang tidak sehat, keturunan, dan kondisi fisik menjadi penunjang terjadinya hipertensi. Di era modern ini, penyakit hipertensi didominasi oleh pola hidup yang tidak sehat. Bagaimana tidak, jika kita lihat dari segi pola makan para remaja, banyak yang lebih gemar dengan makanan yang gurih seperti bakso, sate, gorengan, dan makanan yang tinggi kadar lemaknya. Ini perlu menjadi perhatian yang serius, karena buruknya pengaturan pola makan dapat merusak generasi bangsa.

tekanan darah diukur dengan alat yang bernama sphygmomanometer/ tensimeter. Seseorang dapat dikatakan mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) jika hasil tekanan darah diatas normal, yaitu jika hasil pemeriksaan menunjukan lebih dari 140 mmhg.

Tekanan darah tinggi juga sering disebut  dengan silent killer (pembunuh secara diam-diam). penyakit ini seringkali tidak menimbulkan gejala yang berat, umumnya seseorang yang terjangkit hanya merasakan pusing kepala, emosi yang labil, mudah lelah, dan gangguan tidur. Sehingga penderita darah tinggi sangat jarang sekali memeriksa kesehatan, yang berujung memperparah kondisi yang dideritanya.

Komplikasi yang timbul dari darah tinggi (hipertensi) ini sangat beragam, mulai dari serangan jantung, stroke, gangguan ginjal, gangguan pernafasan, dan bahkan kematian. Kematian penderita hipertensi timbul karena terjadinya komplikasi seperti stroke hemoragic. Stroke hemoragic merupakan pecahnya pembuluh darah dalam otak, sehingga mengharuskan seseorang untuk segera dioperasi (proses operasi disesuaikan dengan seberapa besar pecah pembuluh darah yang dialami).

tekanan darah tinggi dapat diobati dengan berbagai cara, yaitu dengan obat kimiawi dan obat alami. Obat kimiawi ini seringkali diresepkan oleh dokter atau tim medis, sedangkan obat alami dapat kita gunakan tanpa resep dokter. Pengobatan secara alami sudah sering digunakan oleh banyak orang karena aman dan tidak mengalami efek samping.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dan Cepat

Menurunkan tekanan darah tinggi dengan obat kimia seperti catopril dan sejenisnya menjadi resep ketika sahabat berobat ke pelayanan kesehatan. Tapi, jika sahabat ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan obat alami, ini dia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Jus Mentimun

 

Menurunkan tekanan darah tinggi dengan timun

Mentimun merupakan makanan yang tidak asing dikalangan ibu-ibu. Buah mentimun seringkali dimasak oleh ibu-ibu untuk makanan pendamping nasi. Mentimun ini ternyata mengandung kalium, kalsium, magnesium, serta fosfor yang tinggi.  Kandungan dalam mentimun tersebut mampu untuk menurunkan tekanan darah.

Dendi Kharisna beserta rekannya melakukan penelitian tentang pengaruh mentimun terhadap tekanan darah. Penelitian yang dilakukan di kecamatan pekanbaru pada 30 orang ini membuahkan hasil, dimana hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kandungan dalam mentimun mampu untuk menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Tekanan darah Tinggi dengan Daun Seledri

 

menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan daun seledri

Daun seledri cocok untuk  sahabat +62 yang mengalami hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia merupakan penyakit yang timbul akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah sehingga mengakibatkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah). Dari aterosklerosis inilah timbul peningkatan tekanan darah.

Daun seledri sendiri mimiliki kandungan apigenin dan phthalides yang dapat mengendurkan otot-otot arteri (merelaksasi pembuluh darah). Efek tersebut membuat pembuluh darah membesar dan menurunkan tekanan darah tinggi. oktadoni saputra dan Triola Fitria melakukan penelitian, dimana dengan memakan daun seledri seperempat pon perhari selama satu minggu mampu menurunkan tekanan darah.

 

Menurunkan Tekanan darah tinggi dengan Terapi Murottal

 

menurunkan tekanan darah tinggi dengan murottal

Terapi murottal menurut penulis sendiri merupakan terapi yang sangat aman buat sahabat +62. Terapi murottal merupakan terapi mendengarkan ayat alquran (murottal) selama 15 menit perhari. Dengan mendengarkan ayat alquran maka seseorang akan merasakan rileks sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Penulis Juga sempat melakukan penelitian dengan terapi murottal ini. Penelitian dilakukan oleh penulis di daerah kota tasikmalaya pada 2 orang lansia. Terapi murottal yang dilakukan selama 3 hari tersebut membuahkan hasil, dimana kedua lansia mengalami penurunan tekanan darah.

 

Menurunkan Tekanan darah Tinggi dengan buah Mengkudu

menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan buah mengkudu

 

Mengkudu merupakan salah satu tumbuhan asal tropis yang sudah kita gunakan sebagai makanan ataupun obat herbal. Buah mengkudu berbentuk bulat lonjong dengan diameter mencapai 7,5 sampai 10 cm. Buah mengkudu ketika sudah matang akan berwarna putih transparan dan lunak.

Buah mengkudu setelah matang akan tercium seperti keju yang busuk, hal ini terjadi karena pencampuran antara asam kaprik dan asam kaproat. meskipun berbau kurang sedap namun Kandungan zat aktif dalam buah mengkudu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan mengkudu seperti Scopoletin memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

Buah mengkudu sudah diteliti di sidoardjo oleh suidah. Hasil penelitian suidah menunjukan adanya penurunan tekanan darah dari 116 menjadi 110 mmhg. Buah mengkudu dapat dikonsumsi dengan dibuat jus terlebih dahulu. Jus mengkudu diminum 20-30 menit sebelum makan dan dikonsumsi 2 kali sehari saat sarapan dan saat makan malam.

Menurunkan Tekanan darah Tinggi dengan meditasi

 

Menurut iskandar sendiri meditasi merupakan latihan olah jiwa yang dapat menyeimbangkan fisik, mental, emosi, dan spiritual seseorang. Secara logika saja sahabat +62 dapat mengetahui bahwa meditasi dapat membuat seseorang rileks sehingga dapat mengontrol ketegangan jantung. Data dari penelitian anderson, menunjukan bahwa melalui latihan meditasi transedental secara teratur dapat menurunkan tekanan darah systole sebesar 4,7 dan diastole sebesar 3,2 mmhg.

Itu dia sahabat +62 tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi. Jika sahabat mengalami peningkatan tekanan darah (hipertensi), penting sekali untuk tidak mengkonsumsi garam lebih dari ½ sendok perhari, kurangi makanan yang berminyak, penting juga sekali-kali jalan jalan (wisata), dan jangan lupa berolahraga. Semoga cepat sehat.

Sahabat +62
“Pola Hidup Mengubah Setiap Bagian dari hidupmu, termasuk kesehatan.
Maka jagalah ia”

bagikan artikel ini untuk membuat warga +62 menjadi lebih sehat. oh ya tadi kita berbicara tentang Meditasi, pasti sebagian orang kurang tau atau tidak pernah melakukan meditasi, beriku ini merupakan Cara meditasi yang baik benar.