manfaat vitamin c bagi kesehatan kulit dan tubuh

MANFAAT VITAMIN C

Penggunaan vitamin c dikenal manfaatnya yang berfungsi untuk kecantikan. Jika berbicara soal kecantikan, kita akan teringat Kalangan entertainment. mereka menjadi sorotan masyarakat karena kecantikan dan perawatannya. Kita selalu berfikir bahwa mereka selalu melakukan perawatan kecantikan setiap hari. Padahal tidak semuanya. Bahkan para artis menggunakan manfaat vitamin c sebagai perawatan kecantikannya.

 



Tahukah kita bahwa vitamin c ditemukan oler peraih hadiah nobel? Ya, betul. “Linus Pauling”, yang menjadi pusat perhatian pada tahun 1960 kaarena hipotesisnya. Pauling juga berpendapat bahwa vitamin c dapat bermanfaat sebagai obat penyembuh atau pencegah terhadap penyakit-penyakit yang serius.

Melewati sejarah lampau dan berkunjung ke era modern atau serba instan ini. Kita banyak mengetahui berbagai produk yang banyak mengandung vitamin c, namun kita tidak mengetahui manfaat vitamin c sendiri. Padahal vitamin c merupakan zat yang harus dikonsumsi setiap hari. Konsumsi vitamin c untuk orang dewasa yang berumur >19 tahun yaitu sebesar 90 mg/hari untuk laki laki dan sebesar 75mg/hari untuk perempuan.

Post sebelumnya :  menurunkan tekanan darah



Sumber makanan yang mengandung vitamin c bisa kita dapatkan pada sayuran atau buah-buahan seperti pepaya, asparagus, kembang kol, brokoli, anggur, lemon, strawberry, lemon, dan lain-lain. Bukan Cuma dalam tumbuhan, vitamin c juga terdapat dalam hewan yaitu pada baigan hati, sedikit pada daging, serta sedikit dalam air susu sapi.

Manfaat Vitamin C bagi kesehatan tubuh

1. Manfaat vitamin C bagi kulit

vitamin c untuk kulit

Setiap kali kita terkena sinar matahari, maka tubuh kita akan menangkal sinar uv. Dalam Menangkal sinar uv tersebut, tubuh kita memerlukan suatu zat tambahan tertentu seperti vitamin c. Lebih jelasnya, Ketika terpapar sinar matahari (sinar uv) maka vitamin c akan melindungi kulit dari stress oksidatif dan akan menyumbangkan elektron untuk menetralisir radikal bebas.

Selain itu, penelitian yang dilakukan akhir tahun 2016 oleh tri novita sari menunjukan bahwa penggunaan topikal vitamin c dapat menghilangkan hiperfigmentasi periorbital. Hiperfigmentasi periorbital merupakan kantung mata yang berwarna hitam (mata panda), gangguan ini lebih sering terjadi pada perempuan karena faktor hormonal.



2. manfaat vitamin c sebagai pelindung diri dari penyakit

manfaat vitamin c pelindung diri

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa manfaat vitamin c yaitu sebagai antioksidan. Terkadang kita membeli makanan dijalan yang ternyata mengandung zat partikel bebas. Zat partikel bebas ini dapat mengakibatkan kanker dalam tubuh kita. Dengan adanya vitamin c, maka vitamin c akan menyumbangkan elektronnya untuk mencegah kerusakan tubuh.

Vitamin C juga mampu melawan flu, yaitu dengan cara meningkatkan fungsi sel imun seperti leukosit. Selain menangkal penyakit, ternyata kekurangan vitamin c dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti penyakit kudis.

Penyakit kudis ini memunculkan gejala seperti perdarahan disemua membran, gusi yang seperti bunga karang, dan  liper spot pada kulit. Seseorang yang terkena penyakit ini umumnya terlihat pucat, depresi, dan sebagian orang terlihat tidak bergerak.



Sedangkan menurut sumber lain, kekurangan vitamin c dapat menyebabkan kerapuhan dinding-dinding kapiler, gusi berdarah, gigi mudah tanggal, sariawan, serta penyakit pada area sendi tulang.

3. Manfaat Vitamin C dalam penyembuhan Luka

Resiko Kanker Meningkat

Vitamin c membantu proses pembentukan serabut protein dalam penghubung jaringan yang sering disebut dengan kolagen.  kolagen menjadi bagian penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Ketika seseorang terluka ataupun tersayat oleh pisau maka Perekat kolagen akan menyatukan luka yang terpisah, proses penggabungan tersebut dapat kita lihat dalam bentuk bekas luka.

Itu dia manfaat dari vitamin bagi kesehatan tubuh kita. membagikan artikel ini dapat membantu beberapa orang yang kekurangan vitamin c. terimakasih telah membagikan.



+62 Mengatakan

tubuh yang fit memang baik, tubuh yang perkasa memang berguna.
namun tubuh yang bermanfaat untuk mereka, itu luar biasa

Sumber

unisba

Google-scholar