Manfaat Vitamin A untuk kesehatan tubuh kita

manfaat vitamin a

Siapa yang tak mengenal wortel? yang apabila kita potong dengan bentuk spiral atau bulat, tengahnya akan berbentuk seperti iris mata. Bentuk dari hasil potongan tersebut ternyata sama dengan manfaat vitamin a itu sendiri, yaitu berfungsi bagi kesehatan mata kita.

Apa sih yang terkandung dalam wortel? Ya betul, Pro Vitamin A. Kita mendapat sintesa Vitamin A dari karoten dan Pro vitamin A. Zat tersebut banyak terdapat pada Minyak kelapa, minyak ikan, sawit, hati ayam, ubi jalar, wortel, bayam. Selain itu, terdapat beberapa makanan yang mengandung vitamin a yang rendah, yaitu daging sapi,kentang, ikan, dan roti.



Kekurangan vitamin a dalam tubuh dapat mengakibatkan seseorang terjangkit penyakit rabun ayam atau rabun senja. Selain itu kekurangan vitamin a juga dapat membuat kulit tangan menjadi tampak bersisik, membuat terjadinya perdarahan pada selaput organ (baik selaput usus, ginjal, ataupun paru), terjadinya kerusakan pada kornea, gangguan pertumbuhan bayi ataupun terhentinya pertumbuhan.

Vitamin a sangat dibutuhkan sekali untuk pertumbuhan bayi serta ibu hamil. Karena proses pertumbuhan pada fase bayi sangatlah cepat. Bayi mendapatkan vitamin A dari Air susu ibu (ASI), maka dari itu seorang ibu menyusui yang lebih dari 19 tahun keatas membutuhkan kurang lebih 1500 mikrogram untuk memenuhi kebutuhan dirinya beserta bayinya.  sedangkan ketika anak masuk usia balita, ia membutuhkan vitamin a (retinol) sebanyak 250 mikrogram atau beta-karotin sebanyak 750 mikrogram.

Manfaat Vitamin A

1. manfaat vitamin A sebagai Pertumbuhan sel-sel epitel

Kekurangan asam Folat

Sel epitel merupakan jaringan pembungkus paling luar tubuh dan terdapat juga pada lapisan paling luar suatu organ. Pertumbuhan sel epitel sangat penting bagi perlindungan tubuh terutama organ. Maka dari itu pastikan anak sahabat cukup dalam memakan vitamin A



2. manfaat vitamin A bagi proses oksidasi dalam tubuh

Proses oksidasi

C6H12O6 + 6 O2 → 6 CO2+ 6 H2O + energi

Proses diatas Itu merupakan proses oksidasi, menurut beberapa sumber, proses dioksida selain menghasilkan carbon dioksida, air, dan energi. Bahwa hasil metabolisme menciptakan zat radikal bebas. Vitamin a dikabarkan bereaksi dengan zat radikal bebas melalui struktur yang rangkap. Meskipun demikian, sahabat perlu untuk konsumsi vitamin c secara rutin dalam penanganan zat radikal bebas.

3. manfaat vitamin A untuk mengatur rangsang sinar pada mata

Dimasyarakat sendiri, wortel menjadi raja dalam mencegah gangguan mata. Bagaimana tidak, banyak warga sudah mengetahui manfaat dari wortel ini. Ini juga menandakan, begitu suksesnya penyuluhan yang dilakukan oleh tim kesehatan.



itu dia manfaat dari vitamin A. Tombol share ada dibawah. terimakasih telah bersedia membagikan artikel kami. salam positif62.com

+62 Mengatakan

"Terkadang penglihatan selalu menipu kita.
agar kamu tidak tertipu, maka tipulah matamu."
salah satu cara menipu mata yaitu dengan menutup mata dan membuka pikiran.

Sumber :

wikipedia



Google-scholar