Manfaat Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan dan Sederet Manfaat Lainnya

Manfaat Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan dan Sederet Manfaat Lainnya

Manfaat sauna untuk menurunkan berat badan benarkah terbukti berkhasiat? Berat badan berlebih memang merupakan sebuah masalah yang mengganggu setiap orang, tanpa terkecuali.

Tidak sedikit masyarakat di dunia yang memiliki berat badan berlebih. Oleh karena itu, banyak sekali yang mengusahakan diri melakukan diet agar mampu mencapai berat badan ideal.

Tidak hanya dengan memperbaiki pola hidup saja, mereka yang menginginkan berat badan ideal berani mencoba banyak cara. Misalnya saja dengan rutin melakukan kegiatan sauna.

Sauna merupakan sebuah kegiatan yang telah populer sejak ribuan tahun lalu, bahkan sampai saat ini. Melakukan sauna berarti Anda akan berada dalam sebuah ruangan yang memiliki suhu 70-100° Celcius.

Konon katanya dengan melakukan kegiatan ini, seseorang akan mengalami penurunan berat badan. Tidak heran memang jika persepsi seperti ini muncul dikalangan masyarakat.

Sebab ketika berada dalam ruangan sauna, suhu tubuh mencapai 40° Celcius. Dengan begitu, pembuluh darah akan melebar dan akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lancar.

Keringat yang keluar menjadi lebih deras sehingga membuat otot tubuh menjadi semakin rileks. Selain itu sauna juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan.

Ini Dia Manfaat Sauna untuk menurunkan Berat Badan dan Untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

Sauna yang dikenal sebagai sebuah sarana yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, ternyata memiliki banyak manfaat lain. Berikut adalah manfaat lain dari sauna untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi rasa stress

Stress yang dialami setiap orang berbeda-beda, ada yang stress akibat pekerjaan, tidak sedikit pula yang stress akibat faktor lainnya. Salah satu kegiatan yang mampu mengurangi stress adalah dengan bersantai.

Mengunjungi tempat sauna akan memberikan kesan rileks pada tubuh yang mengalami kelelahan akibat bekerja. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan sauna sebagai tempat untuk melakukan rileksasi.

Kathryn Smerling, seorang terapis yang berasal dari New York menyebutkan bahwa mandi uap merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri.

Sebab dalam ruangan sauna yang tenang dan suhunya yang cukup hangat tersebut Anda akan menjadi lebih rileks. Dalam jurnal Psychosomatic Medicine juga menyebutkan bahwa mandi uap dapat membuat relaksasi pasien stress dan depresi.

2. Membantu menyehatkan kulit

Selain untuk menurunkan berat badan, ternyata sauna juga bisa membantu untuk menyehatkan kulit. Alasannya tidak lain yaitu karena sauna dapat membuat pori-pori terbuka lebar dan semua kotoran terangkat melalui aliran keringat yang keluar.

Racun dalam tubuh pun ikut terkuras bersama kotoran lain yang ikut keluar bersama keringat. Selain itu sauna juga mampu memperbaiki jaringan kulit melalui stimulasi aliran darah.

Sehingga setelah melakukan kegiatan sauna, Kulit akan tampak lebih segar, bersih dan juga lembut. Apabila Anda memiliki keluhan kulit yang tidak kasar dan kusam, lakukan sauna secara rutin agar menjadi lebih sehat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika berada dalam ruangan sauna, jantung akan dipaksa untuk memompa lebih cepat untuk melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu, sauna sangat baik dilakukan agar jantung menjadi lebih sehat.

Sebuah penelitian di Finlandia menyebutkan bahwa orang yang pergi ke sauna, Memiliki resiko kematian yang rendah. Sebab jantung menjadi lebih sehat. Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk pergi ke sauna guna menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Ketika berada dalam ruangan sauna, timbunan lemak tubuh terbakar oleh suhu udara disana. Lemak yang terbakar tersebut akan turut keluar bersama derasnya aliran keringat.

Itulah mengapa sauna memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan sangat dipercaya oleh banyak orang. Dengan catatan, selalu rutin melakukan sauna agar hasil dapat tercapai dengan cepat dan maksimal.

5. Menurunkan Kolesterol dan tekanan darah

Sebuah jurnal Occupational Medicine dan Environmental Health menerbitkan sebuah penelitian yang menyebutkan kadar kolesterol menurun setelah melakukan sauna 20 hari.

Para peneliti juga menambahkan persepsi bahwa melakukan sauna setara dengan melakukan kegiatan olahraga fisik. Misalnya saja olahraga lari dan beberapa jenis olahraga intensitas sedang lainnya.

Akan tetapi perlu Anda ingat, latihan fisik juga harus dilakukan disamping sauna. Sebab dengan aktif bergerak tubuh akan membakar kolesterol lebih banyak. Perhatikan pula asupannutrisi sehat dan seimbang agar dapat mencegah kolesterol.

6. Membantu menghilangkan racun

Racun yang masuk ke tubuh perlu kita keluarkan, baik dengan pengobatan secara kimiawi, tradisional, ataupun dengan cara terapi biasa. Kenapa perlu dikeluarkan ?, karena racun yang mengendap ditubuh, Lama-kelamaan akan membuat organ dan jaring tubuh menjadi rusak.

Sauna dapat melancarkan peredaran darah, melnggarkan pori-pori di kulit sehingga keringat dan berbagai zat yang tidak berguna, keluar dari tubuh.

7. Memperkuat sistem imunitas

Seperti yang dijelaskan di atas, sauna sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebab mampu memperlancar peredaran darah. Dengan demikian jantung akan merangsang sistem imunitas menjadi lebih baik lagi.

8. Meredakan nyeri pada sendi

Penderita arthritis atau nyeri sendi akan terbantu melalui terapi sauna sauna ini.  Dengan suhu yang panas akan membantu para penderita mengurangi rasa nyeri sendi yang diderita.

Bahkan studi yang dilakukan di Belanda menyebutkan bahwa partisipan yang melakukan kegiatan sauna ini merasakan bahwa sauna dapat mengurangi intensitas nyeri sendi, kelelahan dan kaku otot.

Setelah kita mengetahui manfaat sauna, kita juga perlu memperhatikan efek samping dari terapi sauna ini. Berhubungan dengan pengeluaran keringat yang berlebih, tentu terapi sauna ini dapat membuat anda dehidrasi (Kekurangan cairan tubuh).

Dehidrasi tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, Maka dari itu sebaiknya konsumsi 4 hingga 5 gelas air setelah melakukan sauna. Hal ini bertujuan agar cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

Itulah manfaat sauna untuk menurunkan berat badan dan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Apakah saat ini Anda sedang mengalami banyak keluhan kesehatan? Sebaiknya gunakan sauna sebagai alternatif cara menyehatkan tubuh secara alami ya.

Baca juga ini :

– Cek Berat Badan Ideal

– Ketahui 10 Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

– Cara Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Dengan Bahan Alami

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar