Berikut Manfaat Berenang Bagi Kesehatan, Klik dan Simak

Berikut Manfaat Berenang Bagi Kesehatan, Klik dan Simak

Banyak orang belum mengetahui manfaat berenang bagi kesehatan, padahal dengan berenang secara rutin bisa meningkatkan kesehatan serta membentuk postur tubuh jadi makin berisi. Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang bisa melatih otot tubuh dan kesehatan pacu pada jantung, Serta Efektif dalam membakar kalori tubuh.

Bagi Anda yang mempunyai berat badan yang gemuk, Tentu sangat disarankan untuk melakukan olah raga yang satu ini. Selain Menyehatkan, Olahraga berenang ini juga sangat menyenangkan.

Manfaat Berenang Bagi kesehatan anda

Ketika anda sedang menjalani diet, Mengatur pola makan saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memilih program olah raga yang dapat pembakar kalori tubuh anda, Seperti berenang.

Selain mampu membakar banyak kalori, Berenang juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan anda, berikut rinciannya.

1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Jantung adalah pemacu darah yang paling utama dalam tubuh manusia. Kesehatan jantung sangat perlu dijaga, apalagi bagi anda yang ingin menjaga pola hidup sehat.

Apakah dengan berenang mampu menyehatkan jantung anda ? Sebuah penelitian menunjukan bahwa Berenang ternyata memiliki dampak yang baik bagi jantung dan paru-paru.

Berenang dapat meningkatkan elastisitas dan penguatan pada otot tubuh. Sehingga jika dilakukan secara rutin maka olahraga air ini bisa meningkatkan tinggi badan dan membuat berat badan anda menjadi lebih ideal.

– Cek berat badan anda sekarang, ideal atau tidak ?

2. Membuat otot tetap berisi

Ketika sedang berenang, Semua anggota tubuh akan bergerak melawan air, sehingga semua otot yang ada di dalam tubuh menjadi lentur dan berisi. Tak heran jika para perenang, Tubuhnya sangat kencang dan langsing. Massa otot bisa semakin berisi karena pergerakan yang secara teratur melawan air.

3. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih tentu saja dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Berbagai penyakit seperti Hipertensi, atau penyakit jantung sangat sering ditemukan pada mereka yang memilii berat badan berlebih.

Kenapa orang gemuk mudah terkena penyakit jantung atau hipertensi ?. Hal ini timbul karena  lemak ditubuh terus menumpuk, sehingga mengakibatkan aliran darah tersumbat.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet pola makan sehat, melakukan terapi sauna, ataupun berolahraga.

– Manfaat Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan dan Sederet Manfaat Lainnya

Salah satu olah raga yang dapat menurunkan berat badan, Sekaligus membuat tubuh anda ideal adalah berenang. Olahraga ini dapat membakar banyak kalori di tubuh Anda.

4. Menurunkan Tingkat Stress

Stress yang berlebihan dapat menimbulkan depresi dan merusak kesehatan tubuh anda. Tapi jangan khawatir, setelah anda berenang maka tingkat stress juga dapat berkurang loh.

Kalori yang dibakar secara berlebihan bisa membantu berbagai hormon muncul di dalam tubuh Anda, sehingga stress bisa berkurang. Berenang dapat memberikan rasa rileks bagi tubuh anda, Apalagi jika anda memang sudah hobi dengan olahraga yang satu ini, Tentu dapat mengalihkan pikiran anda dari rasa stress yang muncul.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia atau penyakit susah tidur dapat menjadi masalah besar bagi kesehatan tubuh anda. Pasalnya, Insomnia dapat mengganggu kualitas istirahat anda, Sehingga esok harinya anda akan merasa mudah lelah dan pekerjaanpun terasa lebih berat dari biasanya.

Ada berbagai alasan kenapa anda susah tidur, Mulai dari stress, kebiasaan tidur yang buruk, dan sebagainya.

Berenang mampu membantu anda menurunkan stress, Serta membuat anda menjadi lebih lelah dan rileks. Sehingga malam harinya anda bisa lebih cepat untuk tidur.

Kadang cara ini tidak berfungsi pada sebagian orang, Tapi mungin berfungsi bagi anda, Patut untuk anda coba. Selain itu anda juga bisa mencoba tips berikut.

Ketahui 10 Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

6. Meringankan radang pada persendian

Pernah mengalami radang sendi dan rasanya sangat nyeri, tentu akan cepat membaik jika Anda rutin berenang. Sebuah studi juga telah menganjurkan untuk memperbanyak renang jika mengalami masalah pada persendian. Terutama bagi penderita osteoporosis juga bisa cepat sembuh dengan salah satu jenis olah raga ini.

Namun sebelum berenang, sebaiknya anda konsultasi dulu dengan pelayan kesehatan. Karena beberapa orang tidak dianjurkan untuk berenang, Terutama bagi anda yang sudah lansia.

7. Menyembuhkan Saraf Terjepit

Saraf terjepit memang sangat menyakitkan. Bahkan bisa mengganggu pekerjaan Anda. Selain itu dengan kondisi saraf yang terjepit dan dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa aksi penyembuhan tentunya akan semakin berdampak buruk. Berenang dapat membantu anda mengatasi masalah saraf terjepit.

Berolah raga memang penting bagi orang yang sering duduk di depan komputer maupun pekerja kantoran. Atau bahkan jenis pekerjaan lain yang jarang mengeluarkan keringat.

Perlu diingat bahwa jika masalah saraf terjepit sudah serius, Sebaiknya konsultasi dulu dengan pelayan kesehatan, Apakah menjadi pantangan atau tidak.

Itu dia 7 manfaat berenang bagi kesehatan tubuh anda. Sebelum berenang, sebaiknya anda menyiapkan beberapa perlengkapan seperti air minum dan Pakaian renang. Lakukan juga pemanasan sebelum berenang agar tidak terjadi kram. Setelah selesai berenang, Pastikan untuk mandi agar tubuh anda bebas dari kuman.

 

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar