Lapisan Lapisan jantung : Perikardium, Miokardium

Lapisan lapisan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang dibutuhkan dan menjadi acuan dalam menentukan apakah seseorang masih hidup atau sudah mati, ketika seseorang mengalami penyakit jantung dan hasil menunjukan nadi karotis tidak teraba, maka pertolongan pertama yang dilakukan yaitu memicu jantung atau resusitasi jantung, lapisan lapisan jantung akan bereaksi dengan tindakan ini.

Jantung manusia terletak di bagian dalam toraks (area tulang rusuk) yang belokasi di titik mediastinum, jadi banyak orang yang salah dan mengatakan bahwa jantung manusia ada di kiri. Mereka menganggap lokasi jantung di area kiri karena bagian bawah jantung lebih mengarah ke arah kiri. Lokasi jantung tiap  manusia bisa saja berbeda, hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, pada usia yang lebih tua atau lansia lokasi jantung akan sedikit turun kebawah.

Otot jantung bersifat lurik serta infolunter. Didalam otot jantung tidak banyak mengandung jaringan ikat, kebanyakan terdiri dari serat endomisium yang penuh dengan pembuluh darah kapiler kerangka, pembuluh darah kapiler limfa juga banyak terdapat pada otot jantung ini. agar jantung terus memompa darah, maka terdapat saraf otonom di otot jantung, Lalu terdiri dari apa saja lapisan jantung kita.

Lapisan Lapisan Jantung

Secara garis besar, lapisan jantung kita terdiri dari 3 komponen utama yaitu  Perikardium, Miokardium dan Endokardium.

1. Perikardium

Perikardium merupakan lapisan terluar dari jantung dan sering disebut sebagai kantong dari jantung. Lapisan ini terletak dibagian mediastinum minus, dan jika dilihat dari bagian iga, maka lapisan ini berada diantara iga ke 2 dan ke 4.

Perikardium dibagi menjadi dua bagian yaitu perikardium fibrosum (viseral) dan perikardium serosum (parietal). Perikardium Fibrosum merupakan bagian yang membatasi pergerakan dari jantung, lapisan ini terikat dibagian bawah sentrum tendinum diafragma, dan tampak bergabung dengan pembuluh darah besar.

Sedangkan perikardium serosum (parietal) ini terbagi lagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berfungsi untuk membatasi perikardium fibrosum, bagian ini sering disebut sebagai epikardium ataupun perikardium parietalis. Bagian kedua berfungsi dalam pemberian pelumas, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pergerakan jantung dalam memompa darah, bagian kedua ini sering disebut sebagai perikardium viseral (kavitas perikardialis).

2. Miokardium

Miokardium merupakan bagian tengah jantung, dan sering disebut juga sebagai otot jantung. Seperti yang sudah dibahas dibagian atas, bahwa otot jantung itu seperti lurik dan mengandung banyak pembuluh darah kapiler.

Otot miokardium juga mendapatkan nutrisi dari suplai darah yang dibawa ke bagian lapisan otot, dimana pembuluh darah yang berperan dalam mensuplai darah ini adalah arteri koronaria. Arteri koronaria terdiri dari dua bagian yaitu arteri koronaria kanan dan arteri koronaria kiri.

Arteri koronaria kanan akan mensuplai darah ke bagian sino atrial node (area pemicu jantung), lalu kebagian ventrikel kanan, serta ke permukaan diafragma ventrikel kanan. Sedangkan arteri koronaria kiri akan bercabang menjadi arteri desending anterior dan arteri sirkumfleks.

Otot miokardium terdiri dari 3 susunan utama yaitu otot atria, otot ventrikuler, dan otot atrioventrikular. Susunan Otot atria ini bentuknya sangat tipis serta kurang teratur, lapisan otot atria ini terdiri dari depan dan luar. Susunan otot ventrikuler merupakan bagian otot yang membentuk bilik jantung, dimulai dari atrioventrikuler sampai ke bagian apeks jantung.

Sedangkan Lapisan otot atrioventrikuler sendiri merupakan lapisan miokardium yang menjadi pemisah antara serambi dengan bilik atau atrium dengan ventrikel.

3. Endokardium

yang terakhir adalah Endokardium. Seperti namanya “endo”, lapisan ini merupakan bagian yang paling dalam dari jantung. Lapisan endokardium dapat kita lihat jika membedah jantung, pada bagian serambi atau atrium maka akan terlihat bagian membran yang mengilat. Bagian membran yang mengilat tersebut terdiri dari jaringan endotel (kecuali bagian aurikula dan sinus vena kapa bagian depan).

Tiap lapisan organ ini mempunyai fungsi tersendiri dan membentuk kombinasi, tanpa salah satu bagian saja maka kerja jantung akan kurang optimal. Misalnya saja pada perikardium, pada lapisan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi cedera jantung dari benturan, selain itu juga lapisan ini membentuk pelumas sehingga jantung mudah bekerja.

Jantung terus memompa sampai kita meninggal, atau sampai penyakit menghentikan kerja jantung. Kita harus menjaga kerja jantung setiap hari dengan cara mengatur konsumsi makanan, seperti kurangi konsumsi lemak, kurangi garam (jangan lebih dari ½ sendok), dan berolahraga. Oh ya jangan lupa istirahat dengan cukup.

baca juga :

– Gagal jantung : pengertian, penyebab, penatalaksanaan

–  4 Fungsi Darah Manusia ??

source : Anatomi fisiologi (Drs. H Syaifuddin,AMK) Edisi 4