Kenali Vaksin Covid Baru Covovax

Tingkat Efikasi Sampai Efek Samping Vaksin Covid Terbaru: Covavax

Vaksin covid terbaru covovax merupakan vaksin ke-11 yang memperoleh izin penggunaan darurat dari badan pengawas obat dan makanan tanggal 17 November 2021 lalu. Vaksin covid baru covovax ini berasal dari serum institute of India Pvt Ltd, India.

Vaksin produksi India ini memakai teknologi vaksin nanopartikel protein rekombinan serta khusus untuk orang dewasa 18 tahun keatas.. sama dengan vaksin yanglainnya vaksin ini pemberian dosisnya sebanyak 2 kali dengan interval 21 hari. Usai melewati serangkaian evaluasi meliputi aspek keamanan hasil serta mutu hingga akhirnya November lalu BPOM  merilis jika vaksin ini aman untuk masyarakat Indonesia.

Informasi Mengenai Vaksin Baru Covovax

Eliksir dalam Sediaan Farmasi, Cara Hitung dan Pembuatan

Hasil uji klinis vaksin covid baru covovax

Hasil dari evaluasi mulai dari keamanan imunogenisitas serta efikasi dari vaksin baru covovax mengacu pada data uji praklinik serta uji klinik di Australia dan negara-negara lain. Berdasarkan hasil uji klinis tahap ke-3 pada negara Amerika serikat serta Meksiko hasilnya adalah vaksin baru covovax memberikan perlindungan 100%. Perlindungan tersebut terhadap kasus covid-19 entah itu yang mempunyai gejala sedang hingga berat.

Tak hanya itu uji klinis tahap ketiga pada negara Inggris menunjukkan jika pasien ini mempunyai tingkat efikasi 96,4% terhadap virus Corona dari Wuhan.

Tingkat kemajuan efikasi vaksin covovax

BPOM mengatakan jika hasil evaluasi vaksin ini dari aspek hasiat menunjukkan efikasi vaksin ini setelah 7 hari pemberian 2 dosis untuk kelompok dewasa usia 18 tahun keatas. Dan efikasinya sebesar 89,7 sampai 90,4% untuk semua kasus covid-19 dengan beragam tingkat keparahan. Vaksin baru covovax efikasinya untuk kasus covid-19 dengan tingkat keparahan sedang sampai berat sekitar 869 hingga 100%.

Berikutnya efikasi vaksin untuk kelompok lansia sesuai uji klinik fase 3 yaitu 88,9%. Sesuai hasil uji klinik fase 2/3 yang ada di India memperlihatkan respon imun yang baik dari pengukuran 14 hari usai pemberian vaksin covovax dosis 2

Ketentuan untuk penggunaan vaksin covid covovax

Ufuk bisa kita gunakan untuk kelompok usia dewasa mulai dari 18 tahun ke atas. Dan pemberiannya 5 mikrogram per dosis sebanyak 2 kali dengan interval pemberian 21 hari. Vaksin baru covovax bisa anda simpan dengan suhu 2 sampai 8 derajat Celcius dengan menggunakan rantai dingin standar.

Efek samping dari pemberian vaksin covovax

Sesuai hasil evaluasi yang terperinci berdasarkan aspek keamanan nya efek samping dari uji klinik vaksin ini sifatnya ringan sampai sedang. Efek samping yang paling sering terjadi mulai dari nyeri lokal, sakit kepala, nyeri otot, demam, kelelahan dan lain-lain.

Itulah pembahasan atau informasi ringkas dan terperinci dari vaksin baru covovax.

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar