Kelenjar getah bening membesar , limfoma, tanda gejala

Assalamu’alaikum Sahabat +62, mengalami penyakit pada kelenjar getah bening merupakan hal yang tidak disangka-sangka atau susah untuk dipercaya. Orang yang mengalami penyakit ini seringkali merasa kurang percaya diri, apalagi jika kelenjar getah bening yang terkena pada area leher. Salah satu orang yang saya temui juga mengatakan malu memiliki penyakit tersebut, apalagi pada area tersebut sudah pecah, bahkan beliau seringkali menutupi area tersebut dengan sarung yang ia pakai.

Kelenjar getah bening

Namun, bagi sahabat +62 yang sedang mengalami penyakit kelenjar getah bening. Saya sarankan untuk mencoba lebih terbuka dengan masyarakat walaupun memang sangat berat (saya bisa merasakannya). Sebelumnya tahukah sahabat apa itu penyakit limfoma? Ya, penyakit limfoma merupakan salah satu tipe kanker darah yang menyerang pada sistem limfatik yang mengakibatkan pembesaran pada kelenjar getah bening.



Tanggal 15 september merupakan tanggal yang sangat berpengaruh bagi para  penderita limfoma. Tanggal tersebut diberi nama hari peduli limfoma sedunia, yang menandakan bahwa semua masyarakat mesti memberi perhatian dan peduli terhadap teman, rekan, tetangga yang mengalami penyakit kelenjar getah bening (limfoma).

Kelenjar getah bening membesar , limfoma, tanda & gejala

Limfoma sendiri terdiri dari dua tipe yaitu Limfoma Hodgkin (LH) dan Limfoma Non Hodgkin (LNH). Umumnya jenis LNH (Limfoma non hodgkin) lebih banyak terjadi pada orang-orang dibanding dengan LH (limfoma hodgkin). Penderita Limfoma NH diperkirakan sebanyak 90 % lebih besar dibandingkan dengan Limfoma H.

Stadium LNH terdiri dari 4 tahap



Stadium 1

Pada stadium ini sel kanker hanya berada pada satu area yaitu pada leher atau pada ketiak.

Stadium 2



Pada stadium dua, pembesaran kelenjar getah bening terjadi sekurang-kurangnya pada dua area. Seperti pada leher dan pada ketiak.

Stadium 3

Pada stadum yang ketiga pembesaran kelenjar getah bening dapat terjadi diatas diafragma (sekitar diatas perut), atau dalam organ dan sekitar area kelenjar.



Stadium 4

Pada stadium akhir, sudah terjadi penyebaran yang besar. Bisa saja terdapat dalam 1 organ penuh misalnya hati atau bahkan di area sumsum tulang.

Stadium Limfoma kelenjar getah bening

Sumber : Kemenkes



Tanda Dan Gejala

  • Adanya pembesaran kelenjar bening, bisa dilihat diarea leher, ketiak, atau pada area lipatan paha.
  • seseorang dapat merasakan tubuhnya menggigil, suhu badan naik dan turun
  • demam terjadi secara berulang dan ketika malam hari seringkali berkeringat yang banyak.
  • berat badan akan menurun
  • rasa nafsu makan juga menurun
  • seseorang yang terkena juga dapat merasakan kekurangan energi dan kelelahan.
  • napas terasa sesak dan dapat mengalami batuk
  • terasa gatal diseluruh tubuh tanpa mengetahui penyebab.
  • amandel membesar
  • kepala terasa sakit.

Faktor Risiko

  • Penyakit Limfoma hodgkin sering terjadi pada usia 15 sampai 30 tahun dan usia diatas 55 tahun. sedangkan limfoma non hodgkin akan meningkat resikonya seiring bertambahnya usia, apalagi jika sahabat +62 sudah lansia yaitu diatas 60 tahun.
  • Sahabat +62 akan lebih beresiko terkena Limfoma, jika diantara orang tua atau saudara ada yang menderita limfoma.
  • seseorang juga akan lebih beresiko terkena limfoma jika sebelumnya ia pernah terkana virus EBV (Epstein-Barr). Dimana virus ini mengakibatkan demam kelenjar.
  • Risiko terkena limfoma akan meningkat jika terjadi pelemahan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh dapat terjadi oleh beberapa faktor, seperti terkena HIV.
  • Jenis kelamin juga mempengaruhi, dan para pria lebih beresiko terkena penyakit ini dibandingkan para wanita
  • terkena paparan racun juga dapat memicu terjadinya limfoma, seperti terkena pestisida atau bahkan pewarna rambut.

Itu dia beberapa gejala dan faktor risiko yang dapat terjadi jika seseorang terkena limfoma atau kanker yang mengakibatkan pembesaran kelanjar getah bening. Terimakasih sudah rela hati membagikan tulisan ini. Dengan bersama, kita membagikan ilmu, kita dapat mencerdaskan warga +62.

Next Information :

Sumber:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *