Jenis Vaksin Covid-19

Beragam Jenis Varian Vaksin Covid-19 Yang Resmi Dan BPOMSaturasi Dalam Sediaan Larutan Farmasi

 

Vaksin covid yang Indonesia gunakan resmi bertambah satu lagi. Dengan terbitnya izin penggunaan darurat vaksin covid-19 untuk merk covovax tercatat ada 11 jenis vaksin  covid-19 yang sudah memperoleh izin BPOM.

Berdasarkan laman dari menpan.go.id kepala BPOM pada keterangannya mengatakan sesuai dengan persyaratan EUA. Dan BPOM juga telah melakukan evaluasi pada aspek keamanan khasiat serta mutu yang mengacu pada standar evaluasi vaksin covid-19. Entah itu untuk standar nasional ataupun internasional.

Jenis-Jenis Vaksin Covid 19 Yang Resmi

Jenis vaksin covid 19 sinovac

Vaksin yang satu ini merupakan vaksin covid-19 pertama untuk Indonesia yang memperoleh penggunaan izin darurat dari BPOM. EUA terbit terhadap sinovac usai bapa melakukan pengkajian hasil uji klinis tahap 3 vaksin yang dilakukan di Bandung. BPOM juga melakukan pengkajian dari hasil uji klinis vaksin ini yang ada pada Turki serta Brazil.

Berdasarkan hasil analisis dari uji klinis fase 3 tersebut menunjukkan efikasi dari vaksin sinovac sekitar 65,3%. Vaksin yang yang dikembangkan oleh sinovac research and development Co.,Ltd ini  untuk sasarannya mendapatkan 2 dosis. Dan jumlah dari tiap dosisnya sekitar 0,56 ml dengan interval 1 kedua selama 28 hari dan efek sampingnya mulai dari nyeri demam sakit kepala dan lain sebagainya.

Jenis varian vaksin covid-19 biofarma

Dan sebulan kemudian lebih tepatnya tanggal 16 Februari bank kembali mengeluarkan izin penggunaan darurat dengan produksi dari PT bio Farma. Jenis vaksin covid-19 ini berasal dari bahan baku vaksin yang secara bertahap telah sinovac kirimkan. Vaksin covid-19 yang satu ini mempunyai bentuk vial 5 ml yang mana setiap filenya berisi 10 dosis vaksin yang asalnya dari virus yang telah inaktivasi.

Guna menjaga mutu serta kualitasnya vaksin yang satu ini harus kita simpan pada tempat penyimpanan dengan suhu yang stabil antara 2 sampai 8 derajat Celcius. Dan setiap vial telah ada dua dimensi barcode khusus untuk melihat detail informasi dari tiap vial. Hal tersebut sangat berfungsi untuk melacak vaksin serta mencegah pemalsuan vaksin.

Jenis varian vaksin astrazeneca

Berselang beberapa hari BPOM kembali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin covid-19 yang asalnya dari perusahaan farmasi Inggris yaitu astrazeneca. BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk astrazeneca setelah melakukan evaluasi dengan komite nasional penilai obat serta pihak lainnya. Dan vaksin yang satu ini mempunyai efisiensi sebesar 62, 1% dengan 2 kali penyuntikan.

Untuk interval minimal pemberian antar dosis dari vaksin covid-19 astrazeneca yaitu 8 Minggu.

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar