Fenomena Hijab : Betulkah Hijab Buat Rambutmu Rontok ?

Fenomena Hijab : Betulkah Hijab Buat Rambutmu Rontok ?

 

Sebagai kaum perempuan, terkadang kita khawatir jika kerudung yang kita pakai, membuat rambut menjadi rontok. Maka dari itu, kita harus tahu, apa sih yang membuat rambut kita rontok ?, apakah betul karena pamakaian hijab?, ataukah ada penyebab lainnya ?.

Ini dia hal sepele, yang menjadi penyebab Rambut kaum hijabers dan ibu-ibu kondangan menjadi rontok :

  • Terlalu kencang dalam mengikat rambut, hal ini dapat merusak struktur rambut.
  • Memakai hijab, dalam keadaan rambut yang masih basah.
  • Memakai alat pengering rambut yang terlalu lama atau terlalu sering.
  • Peralatan perawatan rambut yang tidak cocok, seperti shampo atau sisir rambut yang rusak.

Jika kamu sudah melakukan berbagai pencegahan tersebut, tapi masih tetap rontok, terutama setelah pemakaian hijab. Maka kamu perlu perhatikan cara pemakaian hijab.

Pemakaian Hijab Dapat Buat Rambut Rontok ?

Perlu kita garis bawahi, bahwa sebenarnya, pemakaian hijab tidak akan membuat rambut kita rontok. Lalu, apa sebenarnya yang membuat rambut kita rontok setelah memakai hijab ?.

Pertama, kita harus kenali terlebih dahulu kain hijab yang kita pakai. Mulai dari bahan apa yang digunakan, dan seberapa tebal kain hijabnya. Kenapa hal ini penting ?, karena jenis kain hijab yang dipakai dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Pastikan untuk memakai hijab dengan bahan yang menyerap air, hal ini akan mengurangi tingkat kelembaban kepala, sehingga rambut tidak cepat rusak. Terus, pastikan kain hijab yang dipakai lembut dan tipis, tapi tidak transparant (tembus pandang).

Ada beberapa tips lainnya dari positif62, agar rambut Hijabers terjaga dan selalu sehat.

Luangkan waktu untuk mengurai rambut

Jangan lupa untuk mengurai rambut kamu disela-sela kesibukan. Pemakaian kerudung dalam jangka waktu yang lama, akan meningkatkan suhu panas dikepala. Hal ini, akan membuat keluarnya keringat yang berlebih, sehingga rambut kita akan terasa lembab dan basah. Inilah yang menimbulkan rambut mudah rusak dan bau.

Maka dari itu, pastikan untuk membuka hijab di ruang tertutup, dan menyisir rambut. Jika perlu gunakan kipas untuk mengeringkan rambut dari keringat.

Keringkan rambut dengan benar sebelum memakai hijab

Jangan menggosok rambut dengan keras, hal ini dapat merusak struktur rambut. Jadi pastikan untuk mengusap rambut dengan halus, sambil memijat mijat kulit kepala, agar peredaran darah lancar. Setelah itu, pastikan rambut benar-benar kering sebelum memakai hijab. Jika perlu, tunggu beberapa menit sebelum memakai hijab.

Kurangi kontak langsung dengan sinar matahari

Ketika kamu tidak memakai hijab, pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Rambut yang terus-menerus terpapar matahari, akan kering dan mudah rusak.

Meskipun kamu memakai hijab, alangkah baiknya mengurangi kontak dengan cahaya matahari.

Rutin Perawatan Rambut

Luangkan juga 1 hari untuk memanjakan rambut indahmu. Kenali berbagai masalah yang timbul pada rambut.

  • Jika rambutmu terasa kasar, maka kamu dapat menggunakan hair treatment yang tinggi pelembap.
  • Jika Rambutmu mudah rapuh, kamu dapat melakukan perawatan dengan hair treatment dengan bahan pelindung kutikula rambut.
  • Jika rambutmu mudah rusak yang terakumulasi, kamu dapat menggunakan hair treatment yang mengandung silikon.
  • Jika rambutmu kurang bervolume, gunakanlah hair treatment yang tidak mengandung silikon.

Jika ingin menjaga rambut tetap sehat, kamu perlu perawatan ekstra, maka dari itu gunakanlah vitamin rambut setiap hari.

Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi kesehatan rambut. Konsumsilah makanan yang tinggi akan protein, vitamin B6, Asam Folat, dan Vitamin B12. Beberapa makanan yang mengandung zat tersebut yaitu seperti Jambu Biji, Pisang, Alpukat, Daging Ayam, dan Ubi.

Jadi, bukan pemakaian hijablah yang membuat rambut kita rontok. Tapi, karena ketidakjelian kita dalam mimilih jenis kerudung, dan gaya hidup yang kurang baik. Selain faktor tersebut, penyakit penyerta juga dapat membuat rambut kita rontok. Bahkan faktor stress dan konsumsi obat-obatan, juga dapat membuat rambut rontok loh, jadi pastikan untuk selalu liburan ya.

 

Next : Cara mencukur bulu kemaluan yang baik dan sehat