Bagaimana Membuat Diagnosa Keperawatan Keluarga

Bagaimana Membuat Diagnosa Keperawatan Keluarga

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam membuat diagnosa keperawatan, kita hanya perlu menggunakan rumus “PES” (Problem + Etiology + Symptom), lalu apakah sama dengan diagnosa keperawatan keluarga. Pada dasarnya, membuat diagnosa keperawatan keluarga sama saja dengan membuat diagnosa pada umumnya. namun, yang membedakannya yaitu pada bagian etyologi atau penyebabnya saja.

Diagnosa Keperawatan Keluarga

Berikut ini adalah rumus yang diperlukan dalam membuat diagnosa keperawatan keluarga :

PROBLEM + ETIOLOGY ( Masalah Fungsi Keluarga : – Fungsi Perawatan Kesehatan) + Symptom (Jika diperlukan)

Untuk PROBLEM, kita dapat menambahkan diagnosa seperti biasa, misalnya :

  • Nyeri Akut.
  • Ketidakefektifan jalan napas.
  • gangguan nutrisi, dan sebagainya.

Untuk ETIOLOGY, kita menggunakan fungsi keperawatan menurut Friedmen, lebih tepatnya pada bagian “fungsi perawatan kesehatan”. kamu wajib membaca terlebih dahulu, artikel berikut ini.

Setelah membaca tulisan tersebut, perhatikan pada point kelima, fungsi perawatan kesehatan. ada beberapa point disana yaitu salah satunya:

Kemampuan keluarga dalam mengenal masalah

untuk menggunakan etiology tersebut, kamu hanya perlu mengubah “kemampuan” menjadi “ketidakmampuan”. Contohnya seperti berikut ini, gabungan antara PROBLEM + ETYOLOGI

Nyeri akut berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah

Untuk SYMPTOM, kamu dapat memakainya atau tidak. kebanyakan perawat memakai symptom pada bagian analisa data saja. jika ingin memakainya, berikut ini contohnya :

Nyeri akut berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah yang ditandai dengan.

DS : – keluarga mengatakan tidak tahu penyebab timbulnya nyeri

DO : – keluarga tampak bingung tentang kondisi anggota keluarganya

Cukup mudah bukan, jadi dalam membuat diagnosa keperawatan keluarga kamu dapat menggunakan bagian depan seperti nyeri akut, gangguan jalan nafas tidak efektif, dan sebagainya seperti biasa. yang membedakan hanya bagian belakangnya saja. yaitu pada bagian etiology saja, dimana kamu perlu menggunakan 5 fungsi perawatan kesehatan menurut friedman.

berikut ini contoh diagnosa keperawatan keluarga lainnya :

  1. Penurunan curah jantung berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat salah satu anggota keluarga yang sakit
  2. Resiko penurunan nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah

Kamu juga dapat mengembangkannya menjadi lebih detile seperti berikut :

  1. Risiko perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh pada Ibu N yang merupakan keluarga Bapak R, berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga yang menderita diabetes mellitus

yang terpenting kamu dapat menggunakan, rumus Problem + Etyologi. untuk menentukan Etyologi (penyebab), kamu perlu mengkaji keluarga tersebut. jika keluarga tidak tahu tentang penyakit, maka etiologi yang digunakan yaitu “ketidakmampuan keluarga mengenal masalah”. Jika keluarga tidak bisa merawat anggota keluarga yang sakit, berarti “ketidakmampuan keluarga merawat”.

intinya, sesuaikan dengan kondisi yang dialami keluarga. jangan lupa untuk membaca terlebih dahulu tentang 5 fungsi keluarga menurut friedman.

artikel lainnya :