cara menurunkan berat badan bagi orang dewasa

cara menurunkan berat badan

Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun, Sebelum sahabat +62 menurunkan berat badan, sebaiknya kenali terlebih dahulu benarkah sahabat +62 gemuk (obesitas) atau hanya perasaan saja. Untuk melakukan pengecekan apakah sahabat +62 memiliki tubuh yang ideal, kurus, atau gemuk. silahkan cek di halaman berikut ini :


Tool Cek Berat Badan Ideal

Jika hasil perhitungan di tool tersebut memiliki tubuh ideal sebaiknya dianjurkan untuk mengontrol diet (pola makan) sehat saja. Namun, apabila hasil menunjukan bahwa sahabat +62 obesitas maka saya akan menyarankan beberapa hal yang dapat membantu sahabat dalam menurunkan berat badan.

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN

 1. Kenali Penyebab Gemuk

Sebagian orang yang memberikan tips dalam menurunkan berat badan, langsung menyarankan untuk konsumsi ini dan itu tanpa mengenali penyebab kenapa seseorang bisa gemuk. Meskipun pada dasarnya kita semua sepakat bahwa peningkatan berat badan diakibatkan karena konsumsi yang berlebihan.

Untuk mengenali penyebab gemuk, pastikan sahabat +62 tidak mempunyai penyakit yang diderita. penyakit seperti ginjal terkadang membuat seseorang tampak gemuk, padahal tubuhnya membesar karena cairan yang tidak keluar dari tubuh.

Perbedaan antara gemuk karena cairan dengan gemuk normal dapat dilihat dengan menekan diarea betis selama 3 detik, lalu lepaskan. Jika area yang ditekan kembali seperti semula secara cepat maka dapat dikatakan gemuk normal.

Gemuk normal umumnya karena pengaturan pola makan yang buruk (lebih dari kebutuhan tubuh). Mengurangi makan secara drastis merupakan cara menurunkan berat badan yang salah. gejala yang timbul akibat menurunkan berat badan secara drastis adalah lemas, pusing, dan keringat dingin. Jika gejala tersebut muncul berarti sahabat sudah merusak diri sendiri.

2. Kontrol Pola Makan

Kontrol Pola makan

Cara menurunkan berat badan kedua adalah mengontrol pola makan. Seperti yang dikatakan pada point nomer satu bahwa mengontrol pola makan harus dengan baik dan benar.makanlah secara teratur sebanyak 2 – 3 kali sehari dengan gizi seimbang. Kurangi jumlah makanan yang mengandung sumber energi tinggi seperti santan. santan kaya akan lemak, yang berarti tinggi akan zat energi.

Selain mengurangi santan, kurangilah konsumsi makanan yang manis seperti gula. Gula juga menghasilkan kalori yang besar, gula yang tidak dipergunakan oleh tubuh akan dirubah menjadi cadangan makanan (yang berarti akan membuat sahabat +62 jadi lebih gemuk).

Karena pembatasan pola makan, maka kita akan cenderung sering merasakan lapar. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa lapar tersebut, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan yang tinggi serat akan lebih mempercepat kenyang dan mengurangi pemasukan energi yang besar.

Satu hal kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan untuk mengurangi konsumsi energi yaitu berhenti meminum alkohol. Alkohol merupakan sumber kalori dan sekaligus perusak kesehatan fisik seseorang.

3. Berolahraga dan melakukan aktivitas fisik

berolahraga dan melakukan aktivitas fisik

Cara menurunkan berat badan ketiga adalah berolahraga dan melakukan kegiatan fisik. Orang yang lebih banyak berdiam diri dirumah akan lebih dominan memiliki tubuh yang gemuk. berbeda halnya dengan seseorang yang banyak melakukan aktivitas serta berolahraga, mereka akan mengeluarkan banyak energi dan kalori, sehingga tidak terjadi penimbunan kalori berlebih dalam tubuh.

Jika sahabat +62 sudah terlanjur memiliki berat badan yang lebih, maka sebaiknya dari sekarang mulai rutin berolahraga.

Lakukanlah olahraga minimal setengah / satu jam sebanyak 3 kali perminggu.  Lakukan juga peningkatan olahraga, jika biasanya lari sejauh 30 meter maka tingkatkan menjadi 35 meter dan seterusnya.

4. Melakukan Uap

melakukan uap

Cara menurunkan berat badan dengan uap sudah dialkukan para sumo di jepang. Metode penguapan badan ini sangat simple (mudah), dimana Seseorang akan masuk kedalam ruang yang tertutup lalu uap hangat akan masuk kedalam ruangan tersebut.

Panas yang menyalur melalui uap ini akan membakar setiap lemak dalam tubuh sahabat, sehingga dapat menurunkan kadar lemak yang mengendap dalam tubuh. Manfaat lain dari metode uap ini selain menurunkan berat badan juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah seseorang

5. konsumsi obat penurun berat badan

obat penurun berat badan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu konsumsi obat penurun berat badan. Saya sendiri tidak merekomendasikan cara ini, apalagi obat yang menurunkan berat badan secara cepat. Beberapa obat penurun badan secara cepat hanya berefek sementara dan bisa memberikan efek samping yang besar. Jika sahabat +62 ingin menggunakan obat untuk menurunkan berat badan sebaiknya diawasi oleh tim medis.

6. Operasi

Cara menurunkan berat badan dengan operasi menjadi viral setelah beberapa artis melakukan metode ini. Operasi seperti sedot lemak dan operasi pengecilan lambung adalah salah satu metodenya. Namun, saya sendiri tidak merekomendasikan metode ini karena efek samping yang lumayan besar setelah operasi.

Sedot lemak dapat menghilangkan lemak secara cepat, namun perlu sahabat ketahui bahwa sebenarnya tubuh kita juga memerlukan lemak. Lemak berfungsi sebagai bantalan diri dari cedera dan menghangatkan tubuh ketika kedinginan.

Sedangkan operasi lambung harus benar-benar terukur kedepannya, karena jika tidak terukur dengan baik malah akan memberikan dampak yang buruk.

Pengecilan lambung berarti membatasi asupan makanan kedalam lambung yang dapat membuat seseorang mudah kenyang. Jika sekiranya kita bisa membatasi makanan yang kita makan, kenapa mesti kita kecilkan lambung kita.

Itu dia tips yang bisa positif62.com bagikan, kombinasi antara pola makan, olahraga, dan uap. Menjadi recomendasi dari kami dalam menurunkan berat badan.

Sahabat +62

“bijak dalam memilih sesuatu adalah keahlian yang harus dimiliki setiap orang, termasuk diri anda sendiri”