6 Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid, Wanita Wajib Tahu Ini!

6 Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid, Wanita Wajib Tahu Ini!

Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang dialami semua wanita. Karena hadirnya setiap bulan maka sering disebut juga dengan “datang bulan”. Rasa nyeri tentu saja muncul ketika terjadi menstruasi, umumnya rasa nyeri akan dirasakan perempuan di bagian perut sampai kemaluan dan sering disebut dysmenorrhea. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri saat haid, mulai dengan menggunakan obat-obatan ataupun dengan cara alami.

Cara Mengurangi Nyeri Saat Haid

Jika nyeri yang anda rasakan biasa saja, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri. Begitu juga sebaliknya, jika rasa nyeri begitu kuat dan sangat menyiksa anda, maka sudah seharusnya anda mengkonsumsi obat pereda nyeri.

1. Memperbanyak Minum Air Hangat

Minum cukup banyak air sangat diperlukan, Terutama jika anda mengalami penyakit lambung. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh siklus haid dapat memicu peningkatan asam lambung, dan Secara tidak langsung juga dapat mengakibatkan nyeri ulu hati.

Air hangat dapat mengurangangi rasa nyeri yang timbul. Minumlah air hangat secara perlahan dan sedikit-sedikit. Pastikan minum air sambil duduk, karena minum air sambil berdiri dapat merusak lambung anda.

2. Makan-makanan yang sesuai

Selain minum, anda juga perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Agar perut tidak melilit dan nyeri perut tidak begitu kuat, sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Alangkah baiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan dan berbagai jenis kacang – kacangan.

Banyak mengkonsumsi lemak dan makanan pedas bisa menambah rasa sakit, terutama bagi yang memiliki masalah lambung.

3. Kompress dengan Air Hangat Pada Bagian yang Kram / Sakit

Air Hangat dapat membantu merileksasikan otot-otot, Sehingga dapat membuat anda merasa nyaman. Selain itu, Peredaran darah juga menjadi lebih lancar. Penggunaan air hangat untuk mengatasi nyeri ini sudah teruji oleh beberapa ahli, jadi aman untuk digunakan.

Pastikan air benar-benar hangat dan tidak terlalu panas. Letakan kompress Pada bagian perut bawah dan Lakukan secara berkala baik pagi maupun sore, atau ketika nyeri dan kram di perut sedang melanda.

4. Memijat Tubuh

Cara mengurangi nyeri saat haid selanjutnya adalah dengan memijat tubuh, Terutama pada perut bagian bawah. Terlebih menggunakan minyak aroma terapi atau minyak kayu putih, sensasi ini bisa membuat Anda bisa semakin rileks.

5. Aktif Bergerak

Ketika haid sedang melanda, memang anda akan merasa lebih malas dari biasanya, bahkan cenderung malas dalam berbagai hal. Ini bisa dilawan dengan mudah yaitu dengan melakukan Shoping, atau melakukan hal yang disukai. Yang terpenting, aktivitas yang dilakukan mempu membuat anda berkeringat.

Tubuh yang aktif dalam bergerak ini bisa memproduksi banyak hormon endorfin yang sangat baik bagi mood dan ketenangan pikiran Anda. Bahkan bisa membuat suasana hati menjadi nyaman dan rileks, Apalgi jika melakukan shoping.

6. Menggunakan Pereda Nyeri

Nyeri yang terlalu kuat dapat mengganggu segala aktivitas anda, maka dari itu sudah seharusnya anda menggunakan pereda nyeri. Banyak sekali obat penghilang rasa nyeri. Namun cara mengurangi nyeri saat haid dengan obat – obatan tentu harus hati-hati, jangan sampai berlebihan dan ketagihan menggunakan obat penghilang rasa nyeri.

Obat penghilang rasa nyeri biasanya banyak mengandung paracetamol dan bisa membuat mata mengantuk. Ini bisa digunakan ketika di malam hari Anda susah tidur, atau disaat anda tidak berkendara.

Setelah anda membaca 6 tips yang dapat anda pakai untuk menangani rasa nyeri yang diderita. Berikut ini juga dilampirkan apa sih penyebab nyeri saat datang bulan itu.

– Penyebab Nyeri saat Datang Bulan pada Wanita, Klik dan Pahami

– Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh Dalam 1 Minggu, Bisakah?

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar