Cara Mengobati Nyeri Sendi dengan Jahe yang Aman dan Mudah

Cara Mengobati Nyeri Sendi dengan Jahe yang Aman dan Mudah

Positif62.com – Cara Mengobati Nyeri Sendi dengan Jahe. Nyeri sendi adalah gejala yang bisa dialami oleh semua kalangan dan berbagai usia, baik remaja ataupun dewasa. Namun, nyeri sendi lebih sering terjadi pada usia lanjut (Lansia). Karena pada usia ini, Terdapat berbagai penurunan fungsi tubuh seperti penyempitan pembuluh darah atau penurunan sekresi asam urat, sehingga asam urat menumpuk dan merembes kedalam sendi.

Penumpukan zat purin dalam sendi ini akan membentuk kristal dan dapat menimbulkan rasa sakit serta pembengkakan, Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas kita dan perlu segera diobati.

Umumnya, bagian sendi yang mengalami nyeri akibat tingginya asam urat, Sering dirasakan pada sendi Pergelangan kaki, Jempol Kaki, Lutut, dan Siku.

Nyeri sendi juga dapat diakibatkan oleh berbagai hal seperti trauma benturan, atau karena adanya benjolan. Jika nyeri sendi timbul akibat cedera atau benturan, Sebaiknya jangan gunakan jahe, Tetapi gunakan air es untuk mengompressnya. Karena air es dapat mengurangi pendarahan dalam jaringan tubuh.

Cara Mengobati Nyeri Sendi dengan Jahe

Terapi Jahe Lebih cocok dipakai untuk meredakan nyeri yang timbul karena penyakit arthritis. Arthritis merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya asam urat dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa nyeri pada sendi. Namun dapat dipakai juga untuk mengatasi nyeri akibat posisi tidur yang salah dan peradangan.

Senyawa gingerol dan rasa hangat dalam jahe dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dialami. Penggunaannya pun cukup mudah :

Alat dan bahan yang perlu disiapkan :

  • Jahe 2-3 siung (Secukupnya).
  • Parutan
  • Wadah
  • Kain jika perlu

Cara Pengelohan bahan :

  • Cuci bersih jahe dari sisa kotoran yang menempel dengan air yang mengalir
  • parut jahe sampai halus
  • dan simpan dalam wadah

Cara pemakaian :

  • Compreskan jahe yang telah diparut pada sendi yang terasa nyeri
  • Balut dengan kain jika diperlukan
  • diamkan hingga 20 menit
  • Lakukan setiap hari sekali sampai nyeri dirasa hilang

Setelah selesai, anda dapat membasuh sisa compress jahe dengan air hangat.

Selain menggunakan jahe, anda juga dapat menggunakan air hangat. Namun efektifitas jahe lebih bagus dibandingkan air hangat. Tapi anda juga dapat memakai air hangat untuk mandi, sehingga tubuh anda lebih rileks, dan otot-otot tubuh tidak kaku.

Jahe jenis apa yang bisa dipakai untuk mengopress nyeri sendi ?, Anda dapat menggunakan jenis jahe yang anda punya, Baik jahe merah ataupun jahe biasa.

Karena penggunaan compress jahe memerlukan waktu yang lama, maka anda dapat memakai kain atau kassa untuk membalutnya, sehingga anda bebas bergerak dan beraktifitas. Pastikan melepas compress sebelum tidur agar jahe tidak mengenai mata atau luka yang terbuka.

Penggunaan jahe untuk kompress ini lebih aman dibandingkan produk yang beredar dipasaran. Jika ingin memakai obat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelayan kesehatan.

Source : https://akper-sandikarsa.e-journal.id/JIKSH/article/view/*-49

 

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar