Cara menambah berat badan yang benar bagi kesehatan tubuh

meningkatkan berat badan

Sahabat +62, memiliki berat badan yang kurus dapat menimbulkan berbagai masalah seperti mudah letih, lelah, lemas, dan kurang percaya diri. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menambah berat badan, mulai dari menambah porsi makan, meminum obat penambah nafsu makan, ataupun olahraga yang teratur.

Meningkatkan berat badan secara singkat terkadang menjadi pilihan banyak orang. Namun sebaiknya sahabat berhati-hati dengan peningkatan berat badan yang signifikan. Apalagi jika peningkatan tersebut menggunakan obat-obatan. Umumnya, penggunaan obat penambah berat badan yang berefek secara signifikan hanya berdampak sementara.



 jadi dapat dikatakan bahwa ketika seseorang berhenti meminum obat, maka seseorang mudah kurus kembali dan pada akhirnya sahabat akan ketergantungan dengan obat tersebut.

Beda halnya dengan mengkombinasikan antara pola makan yang teratur dengan olahraga. Meskipun lama, tapi manfaat serta dampaknya lebih aman dan lebih baik. Pencapaian berat badan yang ideal menjadi keharusan bagi sahababt +62 yang memiliki berat badan kurus. Jika belum tahu nilai berat badan yang ideal untuk sahabat, silahkan cek di link dibawah ini

cara menambah berat badan yang benar bagi kesehatan tubuh

1.Pola Makan

cara menurunan berat badan dengan mengatur pola makan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa solusi yang tepat untuk menambah berat badan bagi sahabat adalah dengan mengatur pola makan. Pola makan yang teratur dan benar dapat meningkatkan berat badan secara teratur. makanlah dengan frekuensi sebanyak 3 kali sehari. Selain mengatur pola makan, pastikan sahabat makan dengan Diet TKTP.



 

Diet TKTP merupakan pengaturan pola makan dengan mengkonsumsi makananan yang mengandung  Kalori (energi) dan protein yang tinggi. Lalu makanan apa saja yang tinggi akan kalori dan protein. Nasi kaya akan karbohidrat (energi), namun ada aturan penting dalam memakan nasi yang sering orang lupakan, yaitu pastikan untuk mengunyah nasi leibh dari 23 kali (33 kali lebih baik). Terdapat proses perubahan zat didalam mulut yang dapat meningkatkan konsumsi energi.

Sedangkan makanan yang mengandung zat protein bisa sahabat dapatkan dalam ikan, telor, daging, tahu/tempe. Namun perlu diingat sahabat, dalam memasak makanan yang tinggi protein sebaiknya jangan terlalu matang karena dapat merusak zat protein itu sendiri, apalagi sampai dimasak berulang-ulang. Jadi pastikan makanan yang dimasak cukup matang untuk dimakan.



Dalam mengkonsumsi ikan, daging, tahu, tempe. Pastikan untuk mengunyah lebih lama sampai terasa lembut. Karena makanan tersebut jika tidak dikunyah dengan baik dapat memperberat kinerja pencernaan.

2. olahraga

olahraga meningkatkan berat badan

Makan saja tidak cukup sahabat. Pastikan sahabat untuk mengkombinasikan pola makan teratur dengan olahraga yang teratur. pernahkah sahabat lihat orang yang berotot? Kenapa bisa timbul otot? Ternyata dengan olahraga zat makanan dapat disimpan dalam bentuk otot. Berbeda halnya dengan orang yang makan tapi tidak berolahraga, zat makanan akan disimpan dalam badan kita dengan bentuk lemak.

Sahabat juga tahu bahwa menyimpan lemak dalam tubuh beresiko bagi kesehatan. penyakit yang timbul bisa berbagai hal seperti hipertensi dan bahkan penyakit jantung. Olahraga yang teratur sebanyak 3x per minggu dan selama 15 menit sekali bermanfaat bagi sahabat dalam meningkatkan berat badan.



3. Konsumsi Obat

obat peningkat berat badan

ika kondisi sahabat terlampau kurus, atau bisa dikatakan sangat kurus. Maka tidak ada salahnya untuk sahabat mengkonsumsi obat tambahan untuk meningkatkan berat badan. Namun yang harus sahabat perhatikan dalam penggunaan obat adalah pastikan sahabat membeli obat dari pelayanan kesehatan.

Kenapa saya sarankan ke pelayanan kesehatan? Karena jika ke pelayanan kesehatan biasanya terdapat pengukuran antropometri, berat badan, tinggi badan, tekanan darah. Hal itu menurut saya diperlukan untuk menentukan kondisi saat ini. Intinya yaitu dengan berobat ke pelayanan kesehatan, sahabat akan mendapatkan pengawasan secara langsung dari tim kesehatan.

4. istirahat yang cukup

istirahat cukup meningkatkan berat badan

Istirahat yang cukup selama kurang lebih 8 jam sehari diperlukan oleh sahabat untuk meningkatkan berat badan. Ketika istirahat akan terjadi proses dimana tubuh memperbaiki diri secara alami, dan tentu saja hal ini sangat dibutuhkan oleh sahabat ketika mengkombinasikan ke 3 tips diatas. Sebelum tidur pastikan sahabat 3-4 jam sudah tidak berhenti makan, karena jika sahabat makan lalu langsung tidur maka makanan tersebut tidak akan diolah menjadi energi melainkan disimpan sebagi cadangan makanan.



itu dia sahabat +62, bagikan artikel ini untuk menambah pengetahuan semua orang.. terimakasih sudah membagikan. salam +62

Positif62.com mengatakan :

manusia yang bermanfaat itu seperti paku yang lurus. mereka lebih banyak dipukul dibandingkan
paku yang bengkok. jadilah seperti itu, meskipun sering dipukul tapi tetap lurus dan dapat menembus batas.

Sumber :

Google-scholar