cara meditasi yang baik dan benar

cara meditasi yang baik dan benar

Pernahkah anda mendengar kata meditasi ?, atau mungkin anda pernah melihat orang yang sedang melakukan meditasi, lalu bagaimana cara meditasi yang baik dan benar ?. Meditasi memang memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan kita, terutama bagi orang yang memiliki kegitan yang berat. Meditasi ini dapat dibilang sebagai suatu terapi non farmakologi atau pengobatan tanpa zat kimiawi.

Di masyarakat sendiri, terapi ini masih awam, dan jarang dilakukan, Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan jaman, serta tingkat pengetahuan yang terbatas. Semakin canggihnya tekhnologi dan pengobatan yang beragam, membuat masyarakat memilih terapi yang sering dilakukan banyak orang. Padahal berbagai masalah dapat diselesaikan hanya dengan melakukan meditasi ini.



Dalam prosedur tindakan meditasi juga dapat dikatakan mudah dan sulit, karena hal ini berhubungan dengan pemikiran. Apalagi jika anda adalah orang yang akan menjadi seorang pembimbing meditasi, anda perlu berlatih agar anda mahir dalam melakukannya.

 

Cara melakukan meditasi yang baik dan benar

Pengertian : Apa itu Meditasi ?

Meditasi merupakan suatu tekhnik untuk membuat seseorang menjadi rileks dan tenang, hanya dengan mengatur pola napas, dan posisi yang nyaman. Rileksasi sendiri merupakan kondisi dimana seseorang dapat melampaui pikiran, waktu, dan ruang yaitu dengan mencapai ketenangan batin. Ketika kita melakukan meditasi, maka ritme otak akan berubah dari awas ke bentuk alpha rileks, dan selanjutnya tubuh akan mengeluarkan hormon tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.



Tujuan : apa tujuan dari meditasi ini ?

Selain untuk menangani berbagai masalah. meditasi juga bermanfaat untuk melatih pemikiran. Ketika tubuh kita dalam keadaan rileks, maka pemikiran akan lebih jernih dan terarah.

Susana memaparkan bahwa kurang lebih terdapat 5 manfaat atau tujuan dari meditasi ini. pertama adalah untuk merileksasikan otot-otot tubuh, sehingga otot tidak tegang.

Kedua manfaat dari meditasi ini yaitu memberikan rasa nyaman, sehingga akan membuat kita lebih bersemangat. Manfaat ketiga yaitu mengalihkan perhatian. Ketika kita kesulitan melupakan hal yang menakutkan, atau teringat dengan moment tertentu, maka meditasi dapat menjadi salah satu solusi untuk mengalihkan pemikiran tersebut.



Manfaat selanjutnya dari meditasi menurut susana, yaitu mengurangi rasa nyeri dan sakit. Ketika tubuh kita nyaman, dan pemikiran kita teralihkan, maka secara otomatis rasa nyeri yang kita rasakan akan berkurang. Namun hanya rasa nyeri dengan intensitas ringan (kurang dari 5) saja yang memungkinkan diatasi, sedangkan untuk nyeri yang berat, kita memerlukan terapi tambahan seperti obat analgetik.

Manfaat dan tujuan yang terakhir adalah mengurangi distress. Meditasi dapat membuat stress sekaligus menekan pengeluaran hormon adrenalin dan meningkatkan hormon efineprin. Hormon efineprin dapat menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang.

Selain itu, pengeluaran hormon ini, dapat menurunkan tekanan darah. hal ini sangat cocok bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.



Indikasi : untuk siapa saja terapi meditasi ini ?

Secara keseluruhan, meditasi ini sangat aman dan dapat dilakukan oleh siapapun. Meditasi dapat melatih pemikiran dan mengontrol fungsi tubuh. tekhnik meditasi sangat cocok bagi anda yang mengalami stress, cemas, depresi, nyeri, dan juga hipokondria.

Prosedur tindakan : bagaimana cara melakukan meditasi ?

Dalam melakukan meditasi, yang anda butuhkan adalah kursi yang nyaman, empuk, ada tempat sandaran kepala dan tangannya. Lalu pastikan ruangan tersebut hening. Siapkan juga alat musik dengan instument yang santai atau klasik.

Musik klasik diperlukan untuk menambah tingkat rileks. Menurut penelitian menunjukan bahwa musik klasik dapat membuat rileks, jadi siapkan musik klasik yang slow dan nyaman didengar menurut anda, pastikan musik tersebut berdurasi sekitar 30 menit.



Oke, pertama bersandarlah dikursi yang telah disiapkan. Pastikan anda benar-benar merasa rileks. Silahkan putar musik tadi dengan volum standar (jangan terlalu keras). Lalu pejamkan mata dan tarik napas lewat hidung, tahan sebentar, lalu keluarkan. Bayangkan tubuh anda merasa sangat rileks dan semakin lama-semakin rileks.

Setelah itu bayangkan bahwa anda berada ditempat yang nyaman dan tenang. Tempat yang sangat anda inginkan. Bayangkan anda sangat menikmati pemandangan indah tersebut. Bayangkan tempat yang indah tersebut sambil menghirup napas dalam (seakan akan anda menghirup udara di tempat yang anda bayangkan tadi), tarik napas dengan dalam, tahan, dan keluarkan lewat mulut.

Lakukan hal tersebut sampai kurang lebih antara 15 sampai 30 menit. Jika anda sudah siap mengakhiri meditasi, selanjutnya buka mata secara perlahan. Lalu regangkan serta pijat tungkai dan lengan anda secara perlahan (ingat secara perlahan).

itulah dia seputar meditasi dan bagaimana cara melakukan meditasi yang baik dan benar. jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan, kami sangat mengapresiasi, karena anda membantu kami untuk memberikan wawasan kepada warga +62. Sampa jumpa diartikel kami lainnya (bye).