berat badan ideal beserta penanganan berat badan tidak ideal

berat badan ideal

Berat badan menjadi polemik di masyarakat terutama bagi kalangan remaja, dewasa muda, dan kaum wanita. Memiliki berat badan yang ideal biasanya menjadi dambaan beberapa orang yang belum menikah, ataupun  orang-orang yang ingin menjadi pusat perhatian seperti kalangan artis.

Berbagai orang memiliki alasan tersendiri dalam mendambakan berat badan yang ideal, namun kebanyakan orang menginginkan keidealan tubuh hanya untuk menarik perhatian pasangannya atau ingin dilihat lebih sexy dan menarik. Memang bener, hal tersebut merupakan salah satu manfaat memiliki berat badan yang ideal.



Manfaat lain memiliki berat badan ideal yaitu memiliki fisik yang lincah, gesit, dan aktif. Bandingkan dengan seseorang yang kurus, mereka akan lebih cenderung mudah lelah dan kurang aktif. Selain itu seseorang yang berat badannya ideal akan minim sekali terserang penyakit.

Pengukuran berat badan dapat dihitung dengan rumus tertentu. untuk mengetahui apakah berat badan sahabat sudah ideal atau belum silahkan klik link berikut ini :

Setelah mengetahui nilai berat badan ideal yang cocok untuk sahabat, langkah selanjutnya yaitu menentukan apa yang harus dilakukan jika berat badan dibawah normal, jika berat badan sahabat normal, dan jika berat badan diatas normal.



 

pengaturan diri pada berat badan ideal ataupun tidak ideal

1. Jika berat badan dibawah normal

Berat badan tidak ideal

Tentu kita ketahui bahwa berat badan yang kurang (kurus) dapat menimbulkan beragam masalah, mulai dari kurang percaya diri, kegiatan menjadi tidak efektif, sampai mengganggu keharmonisan antara pasangan. Untuk meningkatkan berat badan agar menjadi ideal, perlu memperhatikan apakah akhir-akhir ini kurang nafsu makan atau makan banyak tapi tidak kunjung menambah berat badan.

Apa yang harus dilakukan jika nafsu makan menurun? Solusi yang terbaik adalalah memeriksakan diri ke pelayanan kedehatan. Nafsu makan menurun bisa diakibatkan oleh berbagai hal, dan salah satunya adalah anda terkena penyakit. 



 

Konsumsi kunyit dengan cara dibuat jamu, dipercaya banyak orang dapat meningkatkan nafsu makan (khasiat kunyit ini belum dilakukan pengecekan oleh penulis).

Lalu, apa yang harus dilakukan jika makan sering namun berat badan sahabat tidak kunjung bertambah ? Banyak faktor penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi, seperti porsi makan yang tidak benar sampai adanya cacing dalam perut.



Jika sahabat +62 Dalam kondisi kurus, maka sahabat perlu meningkatkan zat protein dalam porsi makan. Zat protein merupakan zat yang berfungsi sebagai pembangun, sehingga berfungsi sekali untuk pembuatan jaringan baru. terdapat dalam lauk pauk seperti kedelai, daging, ikan dan telur. Jadi sahabat perlu menambah labih banyak lauk-pauk (yang tinggi protein) dalam porsi makan.

Namun jika sahabat sudah melakukan tips tersebut dan tidak kunjung menambah berat badan, makan sahabat perlu adanya pertimbangan untuk meminum obat cacing (perihal obat bisa di dapat di pelayanan kesehatan, di toko kelontong juga tersedia), jika anda memakai obat di toko kolontong maka pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsa dan dosis yang sesuai.

Selanjutnya, makanlah secara teratur selama 3 kali sehari. Pastikan untuk berolahraga secara teratur dan  istrirahat yang cukup



2. jika berat badan normal (masih dalam kisaran ideal)

 
Sebagai peringan Hidup

.

Terlebih dahulu saya mau ucapkan Selamat untuk sahabat +62 yang memiliki berat badan normal. karena berat badan yang normal memberikan banyak manfaat. selain dari memiliki tubuh yang menarik, juga memberikan damfak fesehatan yang luar biasa.

 Jika berat badan sahabat ideal atau normal maka yang perlu mempertahankan kebiasaan pola makan dengan gizi seimbang setiap hari. Selain itu pertahankan juga olahraga yang teratur serta tetap menjalankan aktifitas sehari-hari.

istirahat yang cukup juga diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh yang fit. ketika tidur tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dengan sendirnya. jadi pastikan untuk cukup istirahat

 

3. jika berat badan diatas normal

Berat badan diatas normal (gemuk) menjadi masalah bagi sahabat yang mengutamakan tampilan atau gambaran diri.  Sekalipun orang yang tidak peduli tentang penampilan fisik, mereka terkadang akan merasa tidak percaya diri jika memiliki tampilan fisik yang tidak sesuai dengan harapan.

Lalu apa saja yang harus dilakukan bagi orang yang gemuk agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal ?. pertama pastikan sahabat untuk mengontrol pola makan sebanyak 2-3 kali sehari. Makanlah makanan yang tinggi akan serat, dan hindari makan-makanan yang tinggi lemak seperti santan. Selain itu kurangi juga memakan makanan yang manis seperti gula, karena gula mengandung tinggi energi.

Mengatur pola makan memang penting, namun jangan lupakan untuk tetap berolahraga secara teratur dan tingkatkan aktifitas sehari-hari. Penting juga untung menghilangkan kebiasaan buruk seperti tidak konsumsi alkohol. Alkohol kaya akan energi, tidak menkonsumsi alkohol dapat menurunkan berat badan.

+62 Mengatakan :

Penilaian orang lain terhadap diri kita bagaikan tali besi yang berat yang mengikat leher, jika kamu menurutinya berarti kamu sudah memasang kalung tersebut. tentu hidupmu akan terasa semakin berat jika kamu menaruh kalung yang berat dileher. lepaskanlah penilaian orang lain (ambil yang baik dan buang yang buruk)

Sumber Tambahan

Google-scholar