Menu Tutup

Berapa Nilai Normal Suhu Tubuh manusia?

Nilai normal suhu tubuh manusia

Nilai normal panas atau suhu tubuh manusia umumnya ditentukan dengan skala celcius. Skala celcius memang sudah familiar di telinga kita, karena skala celcius juga digunakan sebagai salah satu jenis pengukur suhu ruangan.

Rata-rata, suhu tubuh seseorang berada dalam kisaran (36,x), nilai x tersebut berkisar dari 1 sampai sembilan. Suhu tubuh dapat berubah-ubah tergantung suhu ruangan atau kondisi tubuh seseorang itu sendiri.

Berapa Nilai Normal Suhu Tubuh?

Beberapa sumber dan referensi menyebutkan bahwa nilai normal suhu tubuh manusia berkisar antara 36,5 sampai 37, 5 derajat Celcius. Namun, Hal ini tidak berlaku untuk thermometer tembak, karena nilai 36,0 masih dapat dikatakan normal.

Hal ini pasti membuat Anda bingung, bagaimana nilai normal suhu tubuh yang sebenarnya?, untuk menarik kesimpulan yang tepat, Maka kita ambil kedua-duanya. Dimana nilai normal suhu tubuh seseorang dari 36,0 sampai 37, 5.

Jika nilai suhu tubuh seseorang lebih dari 37,5 Maka dapat dikatakan demam (Hipertermi). sedangkan sebaliknya, Jika nilai pemeriksaan mnunjukan Dibawah 36,0 Maka dapat dikatakan hipotermi.

Alat apa yang digunakan untuk mengkur suhu tubuh ?

Alat ukur suhu tubuh yang sering digunakan oleh Tim medis yaitu bernama “Thermometer”. Dulu, thermometer dibuat dengan bantuan air raksa. Namun sekarang, sudah banyak berbagai Alat suhu canggih yang beredar di pasaran.

Alat ukur thermometer yang sering digunakan adalah thermometer digital, selain harga nya yang murah, hasil pemeriksaan thermometer digital juga lebih cepat dibandingkan thermometer raksa.

Selain thermometer digital, ada lagi yang namanya thermometer tembak. Thermometer jenis ini juga memberikan hasil pemeriksaan yang lebih cepat dibandingkan kedua jenis diatas. Namun, harganya juga lebih mahal dibandingkan kedua jenis diatas, sehingga tidak semua orang dapat memiliki alat ini.

Dimana saja lokasi pemeriksaan suhu tubuh?

Untuk lokasi pemeriksaan suhu tubuh, tentu disesuaikan dengan alat yang akan digunakan. Jika alat yang digunakan adalah thermometer raksa Dan digital, Maka dapat diletakan di ketiak, atau anus. Tidak dianjurkan di letakan di mulut.

Waktu yang diperlukan setelah memasangkan thermometer digital di ketiak, biasanya selama 15 menit. Sedangkan untuk thermometer digital, di tunggu sampai mengeluarkan bunyi “niit niit niit”.
Sedangkan untuk thermometer tembak, tidak memerlukan waktu yang lama, begitu menekan tombol cek, Maka hasil akan langsung terlihat.

Lokasi tembak biasanya di dahi, jadi pastikan arah tembak ke bagian tengah dahi. Jika seseorang habits mengusap kepalanya dengan air, Maka lokasi pemeriksaan sebaliknya di ketiak, karena hasil pemeriksaan di dahi biasanya tidak tepat.

Itu dia informasi singkat Tentang berapa sih normalnya suhu tubuh manusia itu. Terimakasih telah rela membagikan artikel ini ke rekan dekat Anda. Salam jumpa di tulisan yang lainnya, bye.

oh ya, suhu tubuh juga dapat di nilai dengan reamur Dan farenhit, tapi memang nilainya sedikit Kurang familiar. Jadi agak sulit juga, so, gunakan saja alat dengan skala celcius ya. Salam.

Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62