Batuk Efektif : Pengertian, manfaat, dan penatalaksanaan

batuk efektif pengertian dan penatalaksanaan

Kita seringkali merasakan tidak nyaman ketika ada dahak yang menghalangi saat bernapas, ada berbagai cara untuk mengeluarkan dahak, salah satunya adalah batuk efektif. Mukus sebenarnya selalu diproduksi di paru-paru, namun ketika terjadi radang atau infeksi, produksi mukus menjadi sangat banyak dan mengganggu sistem pernapasan. Jika mukus ini tidak dikeluarkan maka lam-kelamaan akan semakin kental dan semakin sulit untuk dikeluarkan.



Salah satu penyakit yang membuat produksi mukus meningkat yaitu TBC (Tuberkulosis), penyakit ini sangat menular, jadi jika ingin membantu orang yang terkena penyakit ini untuk batuk efektif, sebaiknya gunakan masker khusus. Biasanya tekhnik ini digunakan setelah melakukan terapi nebulezer (uap), sehingga sputum dapat keluar dengan baik.

Batuk Efektif : tekhnik mengeluarkan dahak

Pengertian : Apa batuk efektif itu ?

Batuk efektif merupakan tekhnik mengeluarkan dahak atau sekret dari jalan napas pernapasan, dengan cara mebatukan, sehingga jalan napas kembali normal. TEkhnik ini dapat digunakan pada orang dewasa ataupun anak-anak, tapi tidak pada bayi. Karena bayi tidak akan mengerti apa yang kita katakan, sehingga sebaiknya di bawa ke pelayanan kesehatan untuk meringankan pernapasannya.b

Manfaat : apa manfaat batuk efektif ini ?

Umumnya batuk pada seseorang akan meningkat ketika suhu dingin, dan akan terasa menggangu ketika tidur. Sebaiknya jangan remehkan hal ini, karena tubuh kita perlu istirahat untuk melawan penyakit yang diderita, jika kita kurang istirahat maka kesehatanpun juga akan ikut terganggu. Dengan tekhnik batuk ini maka istirahat kita akan lebih nyaman, walaupun memang tidak sepenuhnya nyaman.



Manfaat lain dari batuk efektif sendiri adalah meningkatkan suplai oksigen ke tubuh. Oksigen sangat dipentingkan untuk proses metabolisme, kekurangan oksigen akan membuat kita terasa sesak. Hal ini juga akan mempengaruhi tekanan darah, diamana ketika tubuh kita kekurangan oksigen maka jantung akan memompa lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.

Manfaat yang terakhir yaitu sebagai sample pemeriksaan. Terkadang ketika seseorang di rawat di rumah sakit, diperlukan sample sekret untuk diperiksa apakah mengandung bakteri tertentu, misalnya seperti bakteri micobacterium tuberkulosa atau sejenisnya. Biasanya perawat selalu membimbing pengeluaran dahak, tapi jika tidak, anda dapat melakukannya sendiri.

Penatalaksanaan : cara melakukan batuk efektif ?

Batuk efektif biasanya dilakukan setelah proses terapi nebulezer. Terapi nebu ini akan membuat sekret menjadi lebih encer, sehingga ketika di batukan akan lebih mudah. Jika anda tidak berada di rumah sakit, maka ada cara lain untuk menghangatkan, yaitu dengan menghirup uap air panas.



Hal yang harus dipersiapkan hanya dua hal, yaitu tisu dan wadah untuk sekret. Tekhniknya sangat mudah, pertama tarik napas yang dalam dan hisap udara sebanyak-banyaknya, lalu setelah itu batukan sekuat-kuatnya. Biasanya dahak akan keluar seketika, lalu masukan dahak atau sekret tersebut ke wadah yang telah disiapkan. Untuk mencegah terjadinya penularan, buang ke tempat yang aman, atau kubur di dalam tanah.

Baca Juga : tahukah kamu ternyata Ini dia tanda bahwa kamu mengalami Peradangan ??