Menu Tutup

Bagaimana cara meningkatkan kesadaran diri

cara meningkatkan kesadaran diri

Penting sekali bagi seserang untuk senantiasa meningkatkan kesadaran diri, hal ini agar individu tahu tentang dirinya dan tahu bagaimana bersikap pada orang lain, lalu bagaimana cara kita untuk meningkatkan kesadaran diri ?.  ada tiga cara untuk meningkatkan kesadaran diri pada tiap individu dan salah satunya adalah mempelajari diri sendiri. apa yang akan kita dapatkan jika kita meningkatkan kesadaran diri ?.

Dengan adanya kesadaran diri, maka kita akan tahu betul seperti apa kita itu, tahu betul akan perilaku kita selama ini. dengan demikian, kita akan berusaha untuk mengubah perilaku yang tidak baik menjadi perilaku yang baik, sehingga kita dapat diterima oleh banyak orang. Selain itu masih banyak manfaat lainnya, jadi bagaimana cara agar kita mengetahui siapa kita ?, dan bagaimana cara meningkatkan kesedaran dir ?

Bagaimana cara Meningkatkan Kesadaran diri

1. Mempelajari Diri Sendiri

Cara yang pertama untuk meningkatkan kesadaran diri adalah dengan belajar atau mempelajari diri sendiri. apa saja yang sudah kita lakukan selama bertahun-tahun hidup di dunia ini?, apakah kita sudah menyakit banyak orang, lalu bagaimana dia bisa merasa tersakiti, apa saja faktor perilaku kita yang tidak diterima oleh orang lain sehingga membuat merasa tersakiti. Dengan mempelajari diri sendiri, maka kita akan mengetahui seluk buluk kita seperti bagaimana cara kita berbicara atau sikap kita pada orang lain.

Sehingga kita mampu untuk meningkatkan apa yang kurang dalam diri kita sendiri.

2. Belajar dari Orang Lain

Selain mempelajari diri sendiri, kita juga bisa belajar dari orang lain. salah satu kunci yang perlu diterapkan adalah mampu untuk menerima pendapat orang lain terhadap diri kita, aspek-aspek yang orang lain lain berikan kepada kita, sebaiknya kita terima dan perlu untuk dikembangkan.

Selain itu, kita juga dapat melihat bagaimana mereka meningkatkan kesadaran diri mereka. Apakah dengan melihat orang yang lebih lemah, atau melihat orang yang lebih tinggi darinya.

3. Membuka diri

Membicarakan diri sendiri kepada orang terdekat akan membantu meningkatkan kesadaran diri kita. Namun jangan menceritakan kesembarang orang, apalagi orang yang selama ini tidak dapat dipercaya, Karena hidup anda adalah salah satu aset yang penting bagi pengalaman anda kedepannya. Maka dari itu, untuk membuka diri, pilih seseorang yang sangat dipercaya seperti kekasih hidup.

Selain ketiga komponen diatas, J.A Devito Mengungkapkan bahwa terdapat 5 cara untuk meningkatkan kesadaran diri, yaitu.

a. berdialog dengan diri sendiri

Berbicara dengan diri sendiri terkadang disebut gila, tapi berbicara untuk direnungkan kembali merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran diri sendiri. lalu, bagaimana cara kita agar mampu berdialog dengan diri kita sendiri.

Terlebih dahulu, siapkanlah sebuah keretas polos, untuk anda menulis. Lalu buatlah judul “Siapakah Saya ?”, lalu tulislah “saya adalah ……”, tulis 15 sampai 20 kali. Lalu siapkan selembar kertas polos, buatlah tabel  dan berikan judul pada kolom kesatu “Keunggulan / Kekuatan” dan kolom kedua “Kelemahan / Kekurangan”, silahkan isi apa kekuatan anda dan apa kelemahan anda.

Siapkan selembar keretas yang terakhir, dan isilah tulisan “saya akan memperbaiki ….pada diri saya”, tulislah sebanyak yang anda bisa. misalnya menulis sebanyak-banyaknya dalam waktu 7 menit.

b. Mendengarkan

Berusahalah untuk mendengarkan apa yang orang lain bicarakan kepada kita, meskipun hal itu begitu menyakitkan bagi diri kita sendiri. karena lama-kelamaan kita akan menyadari bahwa hal tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, dan bagi kesadaran kita. Ketika kita berbicara dengan orang lain, tanyakanlah apa yang selama ini membuat mereka tidak nyaman terhadap anda, lalu pelajari cara merubahnya.

Hal ini sangat berat, jika anda mengatakan tidak bisa merubah perilaku anda. jadi untuk pertama kali, pastikan untuk mendengarkan, dan menjauhkan sifat egois yang anda miliki.

c. mengurangi daerah buta

Terkadang kita tidak sadar apa yang sudah kita lakukan pada orang lain, sehingga mereka merasa tidak nyaman. Jadi, manfaatkanlah situasi-situasi dalam aktifitas sehari-hari anda, untuk memancing mereka mengatakan sesuatu tentang diri anda, hal ini akan menambah informasi tentang setiap kepingan diri anda. misalnya disaat anda berjumpa dengan kawan baru, lalu anda menyapa dia dengan sapaan yang tingg yang membuat teman anda terkejut, “apakah tadi saya membuat anda kaget ?”.

d. amatilah diri anda yang berbeda-beda

Carilah sebanyak mungkin informasi dari cara pandang orang lain, karena bagi orang lain kita itu terlihat berbeda-beda atau berubah-ubah, padahal menurut cara pandang kita bahwa diri kita itu adalah satu. Bagaimana cara kita untuk melihat bahwa diri kita itu berbeda-beda?, untuk melatih hal ini, kita dapat melihat diri kita dari pandangan kakasih, orang tua, saudara, teman dekat, teman jauh, dan sebagainya.

Galilah hal tersebut, pelajari, dan tingkatkan.

e. memperluas daerah Terbuka

Bila kita memperluas daerah terbuka seperti mendiskusikan tentang diri sendiri, maka kita akan menemukan berbagai inforamasi tentang diri sendiri, dan akan menemukan pandangan yang baru. Dengan cara ini, maka anda akan melihat dengan jelas apa yang selama ini tidak terlihat leh anda sendiri, sehingga cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan kesadaran diri anda sendiri.

Seperti yang dikatakan sebelum-sebelumnya, bahwa ketika anda mempelajari diri anda dan mencoba untuk meningkatkan kesadaran diri, maka sangat memungkinkan anda merasa bertolak belakang dan tidak terima. Tapi percayalah bahwa hal itu akan berguna bagi kehidupan anda kedepannya. Salam sehat warga +62, terimakasih sudah membagikan tulisan kami, kami sangat-sangat mengapresiasi dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62