Menu Tutup

Bagaimana cara mengatasi sesak napas ?

Cara mengatasi rasa sesak napas

Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk mengatasi sesak napas yaitu bersikap Tenang. Kenapa kita harus bersikap tenang ?, karena ketika seseorang merasa cemas atau khawatir maka akan membuat jantung memompa lebih banyak, sehingga akan membuat rasa sesak lebih parah.

Untuk mengatasi rasa sesak napas yang diderita, Maka kamu harus mengetahui kenapa kamu bisa merasakan sesak napas?. Apakah rasa sesak timbl karena alergi seperti penyakit asma? , ataukah rasa sesak terjadi Karena kamu memiliki penyakit pernapasan seperti TBC? Atau sebagainya.

Bagaimana mengatasi rasa sesak napas yang diderita?

Jika kamu tidak tahu kenapa kamu merasakan sesak?, Maka sebaiknya kamu periksa ke Pelayanan Kesehatan terdekat. Karena gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan pernapasan itu sangatlah vital, dan dapat mengakibatkan kematian.

Namun jangan terlalu khawatir, karena Beberapa tips atau cara Dibawah ini dapat membantu kamu dalam menurunkan rasa sesak napas yang sedang kamu alami. Berikut ini Beberapa tips yang dapat dilakukan

1. Posisi tubuh

Tahukah kamu, bahwa Posisi tubuh dapat mempengaruhi proses pernapasan, sehingga mengubah posisi tubuh yang tepat, dapat mengurangi rasa sesak yang dirasakan.

Lalu, posisi tubuh seperti apakah yang dapat membantu menurunkan rasa sesak?.

Posisi duduk ataupun posisi setengah duduk (menyenderkan badan kebelakang). Akan membuat suplai udara ke paru-paru lebih banyak. Berbeda halnya dengan posisi tengkurap, Yang akan mengurangi suplai udara ke paru-paru.

Selain itu, posisi duduk dengan menyondongkan bagian atas badan kedepan, juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke paru-paru.

2. Tekhnik napas dalam

Seperti namanya, “Tekhnik napas dalam” yang merupakan suatu cara untuk memaksimalkan suplai oksigen ke paru-paru. Tekhnik napas dalam ini sangatlah sederhana, jadi setiap orang dapat melakukan cara ini, tanpa perlu skill khusus.

Selain itu, tekhnik napas dalam juga dapat menurunkan rasa cemas dan rasa nyeri dengan skala ringan.

Cara melakukan tekhnik napas dalam yaitu dengan menghirup udara sedalam-dalamnya melalui hidung, setelah dirasa penuh, tahan napas selama Kurang lebih 3 detik. Hembuskan udara melalui mulut dengan cara mengkerutkan bibir (seperti kamu ingin mncium kekasih hati). Lakukan lah terapi atau tekhnik ini secara berulang-ulang.

3. Batuk Efefktif

Rasa sesak juga dapat ditimbulkan karena adanya sumbatan di jalan napas seperti adanya dahak atau sekret. Sehingga suplai udara ke paru-paru menjadi sedikit.

Dengan tekhnik Batuk efektif ini, Maka akan membantu mengeluarkan dahak secara efektif.

Untuk melakukan Batuk efektif, Yang pertama dilakukan adalah tekhnik napas dalam. Pada Saat akan mengeluarkan udara, Batukan dahak secara kuat, Hal itu akan membuat dahak keluar secara maksimal.

4. Menghirup uap air panas

Uap air panas akan mmbantu melonggarkan pembuluh darah Dan penyempitan di area paru-paru. Umumnya, menghirup uap air panas dilakukan oleh orang yang mengalami penyakit asma.

Hal ini sangat efektif dilakukan ketika kamu jauh dari tempat pengobatan atau ketika stok obat asma kamu sudah habis.

Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan memasak air sampai mendidih atau mengeluarkan uap yang banyak. Setelah itu taruh air panas tersebut dalam wadah yang kamu miliki. Hisap uap air panas tersebut dalam-dalam.

5. Inhaler

Inhaler merupakan salah Satu O bat yang digunakan untuk mengatasi sesak napas akibat alergi seperti asma. Ini merupakan terapi dengan farmakologi.

Inhaler memang lebih efektif mengatasi asma dibandingkan dengan terapi uap air panas. Hal ini karena inhaler mudah dibawa kemana-mana. Sehingga kamu akan terasa aman untuk berpergian.

6. Nebulisasi

Seperti yang dikatakan diatas bahwa salah satu penyebab timbulnya sesak napas yaitu karena adanya sumbatan. terapi nebulisasi ini sangat efektif untuk melancarkan pernapasan, apalagi Jika sekret menumpuk di paru-paru.

Terapi ini biasanya langsung diresepkan oleh dokter. Baik tambahannya yang berupa air steril seperti aquabides atau NaCl.

Alat Nebulisasi disebut nebulizer, harganya cukup mahal dipasaran. Jika kamu tidak mampu membelinya, saya menganjurkan untuk meminjam atau menyewa ke puskesmas terdekat dengan membawa obat yang sudah diresepkan oleh dokter.

7. Pemasangan Oksigen

Terapi yang cukup mumpuni untuk mengatasi rasa sesak napas yaitu dilakukannya pemasangan oksigen. Harga oksigen juga cukup lumayan mahal, namun hasil yang didapat juga sepadan dengan harga yang dikeluarkan.
Cobalah lakukan pemasangan oksigen dengan selang nasal canul. Putar atau atur pengeluaran oksigen sebanyak 2 sampai 5 liter.
Jika Hal ini tidak mengatasi rasa sesak yang dialami, mak segeralah berkunjung ke rumah Sakit, karena pemberian oksigen harus di tingkatkan, baik itu menggunakan mask, rebrithing mask, atau pun dengan non rebrithing mask.

Ya, itu dia beberapa informasi tentang cara mengatasi rasa sesak napas yang diderita. Terimakasih telah membagikan tulisan positf62. Sampai berjumpa di tulisan kami yang lainnya.

Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62