Apakah Cairan Infus NaCl Aman Untuk Membersihkan Luka ?

 

positif62 – Cairan Infus NaCl  0.9% sering dipakai untuk membersihkan luka, Baik luka bakar, Luka bernanah, Ataupun luka operasi. Kenapa Cairan jenis ini yang sering dipakai, Bukan cairan jenis RL atau Dextrose. Karena Cairan NaCl terbuat dari larutan Garam (Natrium dan Clorida), Sehingga Bersifat isotonik dan tidak merusak luka.

Cairan Dextrose tidak dipakai untuk membersihkan luka, karena mengandung kadar gula yang tinggi, Sehingga tidak efektif dalam membersihkan luka.

Untuk Membersihkan Luka, Apakah Cairan Infus NaCl ini Aman ?

Cairan NaCl 0.9% aman digunakan untuk membersihkan Luka, baik luka tertutup ataupun luka terbuka. Namun, Ada beberapa hal yang membuat Cairan NaCl 0.9% ini tidak aman dan malah merusak luka, yaitu :

Cairan Infus NaCl tidak Aman Jika ?

  • Cairan Infus NaCl yang dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama.

Cairan Infus NaCl dibuat dengan steril dan terbebas dari kuman atau bakteri. Namun, Jika dibiarkan terbuka dalam jangka waktu yang lama, maka kuman atau bakteri akan masuk ke cairan NaCl. Sehingga Cairan NaCl ini tidak pantas untuk dipakai.

  • Cairan Infus NaCl telah Kadaluarsa

Sebelum Pemakaian, Pastikan untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa dalam kemasan. Karena Cairan infus yang sudah kadaluarsa, tidak dapat dipakai lagi, dan tidak aman untuk membersihkan luka.

  • Pemkaian yang tidak benar

Jika ingin disimpan buat besok, Maka cairan infus NaCl tidak boleh terkena percikan darah, atau air bekas luka. Maka dari itu, Lakukan pembersihan luka secara teliti dan hati-hati. Jika sudah terkontaminasi dengan darah, sebaiknya dibuang dan tidak dipakai lagi buat besok hari.

Selain itu, jangan terlalu tinggi mengalirkan air infus ke luka. karena dapat merusak luka.

Ketika kita berada di tempat terpencil, dan tidak ada cairan infus, cairan apa yang bisa dipakai untuk membersihkan luka.

Pengganti Cairan Infus NaCl

  • Air Aqua

Jika kita dihutan dan masih punya persediaan Air Aqua, maka kita dapat memakainya untuk membersihkan luka. Namun, Umumnya persediaan air aqua hanya sedikit, sehingga hanya dapat dipakai untuk membersihkan luka yang kecil hingga sedang saja.

  • Air Matang

Air matang adalah air yang sudah dimasak dengan suhu panas sampai mendidih. Air ini juga dapat dipakai untuk membersihkan luka. Semakin lama pemasakan air, semakin bagus. Apalagi jika air yang dipakai adalah uapnya saja.

Bagaimana mendapatkan uap air, salah satunya yaitu dengan mengkukus kain secara berlapis. Sehingga uap air akan nyangkut di kain tersebut.

  • Air bersih Mengalir

Solusi lainnya untuk membersihkan lukan tanpa memakai cairan infus adalah dengan air mengalir. Walaupun dalam air mengalir masih mengandung banyak kuman atau bakteri, tapi masih dapat digunakan dalam keadaan terdesak.

  • Air Bambu

Dalam Keadaan terdesak, air bambu juga dapat dipakai untuk membersihkan luka. Maksud keadaan terdesak yaitu jika luka terkena kotoran hewan seperti kuda dan harus segera dibersihkan, karena jika luka tidak dibersihkan segera, Akan menimbulkan Infeksi.

Artikel menarik berikut, Layak dibaca :

– Fenomena Hijab : Betulkah Hijab Buat Rambutmu Rontok ?

– Sebelum Digunakan!! Inilah manfaat kunyit beserta cara penggunaanya

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar