Menu Tutup

apa kode etik keperawatan menurut ppni ?

kode etik keperawatan menurut ppni

Kode etik Keperawatan merupakan suatu moral yang tertulis dan dijadikan sebagai pedoman bagi perawat untuk berinteraksi dengan klien, kode etik keperawatan di tulis oleh berbagai organisi, ada kode etik keperawatan menurut PPNI (Persatuan perawat nasional indonesia). selain itu ada kode etik keperawatan ANA (american nurses association) dan kode etik keperawatan ICN (International Cauncil of Nurses). Semua kode etik ini, memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat pedoman agar keperawatan berada pada koridor yang benar.

Namun yang akan dibahas disini adalah kode etik keperawatan menurut PPNI (Persatuan Perawat nasional indonesia). Berikut urain lengkapnya tentang kode etik organisasi keperawatan indonesia ini.

Kode Etik Keperawatan Menurut PPNI

Dalam kode etik keperawatan menurut PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), bahwa terdapat 5 bagian yang harus menjadi pedoman bagi keperawatan yaitu :

1. Perawat dan Klien

  • Dalam memberikan pelayanan keperawatan, seorang perawat harus menghargai harkat dan martabat seorang pasien. Selain itu, seorang perawat juga harus mengharkai kesukaan, umur, warna kulit, politik, aliran, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan agama yang dianutnya.
  • Dalam memberikan pelayanan keperawatan, seorang perawat juga harus senantiasa mememlihara lingkungan yang menghormati adat istiadat, nilai budaya, serta kelangsungan hidup beragama dari pasien.
  • Tanggung jawab seorang perawat yang paling utama adalah kepada dia yang membutuhkan asuhan Keperawatan
  • Seorang perawat juga harus merahasiakan berbagai hal yang diketahui dari pasien, kecuali jika informasi tersebut dibutuhkan oleh yang berwenang sesuai dengan peraturan.

2. Perawat dan Praktik Keperawatan

  • Seorang perawat juga harus memelihara dan meningkatkan kompetensi atau keahliannya dibidang keperawatan.
  • Untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan, seorang perawat harus belajar secara terus menerus
  • Perawat juga harus menjaga mutu pelayanan yang tinggi dan kejujuran profesioanal, dalam menerapkan keterampilan dan pengetahuan sesuai kebutuhan pasien.
  • Dalam membuat keputusan, maka seorang perawat harus mendasarkannya pada informasi yang adekuat. Serta selalu mempertimbangkan kualifikasi dan kemampuan sesorang ketika berkonsultasi, menerima delegasi atau memberikan delegasi kepada orang lain.
  • Seorang perawat juga harus menjaga nama baik profesi keperawatan, tentunya dengan cara menunjukan perilaku yang profesional.

3. Perawat dan Masyarakat

Kode etik keperawatan dengan masyarakat, yaitu perawat dan masyarakat bersama-sama meprakarsai dan mendukung kegiatan-kegiatan, yang akan dilakukan untuk mencapai pemenuhan kebutuhan kesehatan.

4. Perawat dan Rekan Sejawat

  • Seorang perawat juga harus bisa untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan perawat yang lain atau dengan tim kesehatan yang lainnya. sama-sama memelihara atau menjaga keserasian suasa lingkungan, agar pelayanan kesehatan dapat diberikan secara menyeluruh.
  • Seorang perawat harus mampu melindungi pasien (advokat), terutama dari tindakan tenaga keseatan yang tidak etis, tidak kompeten, dan ilegal.

5. Perawat dan Profesi

  • Seorang perawat juga memiki perananan penting dalam menentukan standar pendidikan dan pelayanan keperawatan. Sehingga dapat menerapkannya didalam pendidikan keperawatan atau pelayanan kesehatan.
  • Perawat harus berperan aktif dalam berbagai program yang berhubungan dengan pengembangan profesi.
  • Terakhir dari kode etik keperawatan menurut PPNI yaitu perawat harus berpartisipasi aktif dalam upaya profesi untuk membangun serta memelihara kondisi kerja yang kondusif, agar mampu mewujudkan asuhan keperawatan yang memiliki nilai mutu yang tinggi.
Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62