7 fungsi hati bagi tubuh manusia

fungsi hati

Pernahkah sahabat +62 melihat hati ayam atau hati sapi ?, hati manusia kurang lebih berbentuk seperti kedua organ hewan ini yaitu tidak teratur dan memiliki lekukan, organ hati tampak berwarna coklat, salah satu fungsi hati yang sudah diketahui banyak orang yaitu sebagai detoksikasi racun. Organ hati manusia memiliki bobot yang besar dengan berat dapat mencapai 1000 sampai 1800 Gram. Organ hati ini terletak dibawah diafraga dan lebih condong ke bagian kanan.

Hati manusia berhubungan dengan sistem peredaran darah dan sistem pencernaan (usus halus). Hati dan pembuluh darah bagaikan teman setia, dengan berhubungannya hati dan pembuluh darah maka zat asing yang berada di aliran darah akan disirnakan. selain itu hati juga berhubungan dengan usus halus, dimana sebagian sisa metabolime seperti cairan empedu akan dibuang ke sistem pencernaan.

7 Fungsi Hati

1. Berfungsi sebagai metabolik

Hati merupakan organ yang berfungsi sebagai alat pengolahan zat energi serta pengolahan vitamin, Selain itu hati juga berperan dalam pengolahan lemak dan protein. Hati akan mengubah monosakarida menjadi senyawa yang lebih sederhana seperti glukosa. Pembentukan asam lemak, lipid, dan fosfolipid juga terjadi di hati.

2. Berfungsi Sebagai ekskretori

Hati merupakan organ yang merombak Ertitrosit (Sel darah merah) rusak menjadi zat lain seperti bilirubin. Zat hasil rombakan ini sudah tidak dapat digunakan lagi dan perlu dibuang dari tubuh, zat seperti kolesterol dan garam empedu juga akan di salurkan ke kantung empedu, yang selanjutnya akan di hantarkan ke sistem pencernaan.

Selain hasil rombakan, zat asing yang terkonsumsi dan masuk ke aliran darah, juga akan ikut di buang ke kantung empedu.

3. Berfungsi sebagai pertahanan tubuh

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus Zat Racun yang masuk kedalam tentu membahayakan tubuh kita, dan perlu di masukan obat penawar. Namun, jika kadar racun sangat sedikit maka tentu kita tidak akan tahu apakah kita sudah terkena racun atau tidak. Meskipun kadar racunnya kecil, tapi jika terjadi secara terus menerus, maka akan merusak tubuh kita.

Disinilah fungsinya hati yaitu dimana racun yang masuk kedalam tubuh kita, terutama racun yang telah terdistribusi ke aliran darah maka akan dilakukan fagositosis ( Pembentukan pertahanan oleh hati). Dalam melakukan Pertahanan tubuh, hati akan melakukan berbagai cara seperti membentuk urea yang asalnya dari amoniak. Atau mungkin dengan mereduksi zat racun, melakukan dioksidasi, dan dihidrolisis.

Jika hati manusia rusak, maka racun akan menyebar ke seluruh tubuh. Dan Jika racun sampai ke otak maka gangguan yang dapat timbul akan lebih parah lagi.

4. berperan dalam sistem peredaran darah

Darah manusia, terutama sel darah merah, akan selalu di hancurkan dan dibangun kembali sampai akhir hayat kita. Sel darah merah berbentuk cakram, serta Usia hidup yang relatif pendek, dimana sel darah merah ini bisa bertahan selama kurang lebih 4 bulan.

Setelah mencapai usia 4 bulan, sel darah merah akan dihancurkan. Perombakan penghancuran ini dapat terjadi di hati, limfa, dan sumsum tulang belakang. Dalam hati terdapat sistem retikuloendotelium, sehingga sel darah akan rusak.

Selain itu selama enam bulan kehidupan fetus, sel darah merah dibentuk atau diproduksi oleh hati. dan setelahnya, fungsi pembentukan sel darah merah akan dilakukan oleh Sumsum tulang kita.

5. Sebagai Pembentuk Asam Empedu

Kolesterol merupakan zat yang berbahaya jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Namun kolesterol juga diperlukan oleh tubuh kita. Salah satunya dalam pembentukan asam empedu. Namun, kolesterol yang sering digunakan dalam pembentukan asam empedu adalah kolesterol yang membentuk pigmen-pigmen empedu terutama hasil dari proses perombakan.

6. untuk sintesis Protein

Makanan yang mengandung protein seperti kedelai atau daging-dagingan sangat bermanfaat bagi tubuh terutama sebagai zat pembangun, dan mempercepat penyembuhan luka. Protein protein penting yang sudah masuk kedalam tubuh akan disintesis untuk pembekuan darah, mengangkut hormon tiroid, steroid, serta kolesterol.

7. sebagai detoksifikasi atau degradasi

Masih berkaitan dengan point ke tiga, dimana hati berfungsi sebagai alat detoksifikasi terhadap zat-zat sisa, zat asing dan hormon. Jika sahabat meminum obat dan obat tersebut bekerja melewati hati, maka dosis obat yang diberikan akan berkurang, jadi tidak semua dosis dapat sampai ke tujuan. Itulah sebabnya dosis obat yang akan diberikan harus disesuaikan dengan menghitung seberapa banyak dosis yang akan tertahan di hati, dan seberapa banyak dosis obat yang bisa sampai ke tujuan.

Itulah dia sahabat 7 fungsi hati dalam tubuh kita, jangan lupa share artikel ini dengan klik tombol sosmed dibawah. Terimakasih telah membagikan, karena ilmu lebih mahal dari tindakan yang hampa. Sampai berjumpa di tulisan kami lainnya (see you next latter).

Sumber dan Media Pembantu

egc

Anatomi fisiologi (Drs. H Syaifuddin,AMK) Edisi 4