Menu Tutup

6 faktor penyebab penyalahgunaan zat adiktif

6 faktor penyebab seseorang menyalahgunakan zat adiktif

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang menyalahkgunakan zat-zat adiktif, faktor tersebut dapat berhubungan dengan kondisi dirinya sendiri dan kondisi-kondisi dari luar. Penyalah gunaan zat memang tidak dapat diterima dilingkungan masyarakat, hal ini biasanya mengacu pada moral atau peraturan yang berlaku dikalangan masyarakat itu sendiri. salah satu faktor yang meyebabkan seseorang menyalahgunakan zat psikotropik yaitu akibat obatnya itu sendiri.

Obat-obatan tersebut memberikan efek yang tinggi, membuat orang menjadi kecanduan, membuat orang merasakan kenikmatan, dan sebagainya. Sehingga dia lupa akan dampak dan bahaya yang ditimbulkan oleh zat tersebut. jika dianalogikan, para pecandu zat itu bagaikan semut yang terperangkap dalam setumpuk madu, ketika semut masuk kedalam madu maka ia susah untuk keluar karena lengketnya, akhirnya semut tersebut akan mati.

Zat psikotropik juga sebetulnya punya manfaat tersendiri, Cuma karena penggunaan yang salah, maka efeknya juga menjadi salah. Secara keseluruhan, Ada 6 faktor yang dapat mengakibatkan seseorang menyalahgunakan zat ini.

6 Faktor penyalahgunaan Zat Adiktif

1. Faktor Individu

Sifat seseorang itu unik dan berbeda tiap individunya. Orang yang memiliki kepribadian dengan rasa rendah diri lebih beresiko menyalahgunakan zat ini. selain itu, seseorang yang mudah sekali untuk kecewa, suka bereksperimen, suka mencoba hal-hal yang baru, dan memiliki sifat anti sosial atau tidak mau bersosialisasi dengan orang lain juga beresiko menggunakan zat ini.

2 Faktor Lingkungan

Lingkungan sudah menjadi salah satu bagian dari individu, karena disanalah seseorang belajar, meniru perilaku, dan mengenal jati dirinya. Lingkungan yang mengajarkan pergaulan yang bebas akan membuat seseorang menyalahgunakan zat. Selain itu, lingkungan keluarga yang tidak ramah seperti selalu dimarahi orang tua atau saudara kandung yang menggunakan zat psikotropik, akan membuat dia terdorong untuk menyalahgunakan zat tersebut.

Masyarakat juga berperan penting terhadap penyalahgunaaan zat ini. misalnya seperti masyarakat yang tidak peduli atau acuh terhadap zat tersebut akan membuat zat ini mudah untuk menyebar dan disalahgunakan. Atau masyarakat yang kurang pengawasan sehingga zat ini diselundupkan dengan mudah, atau masyarakat di lingkunga tersebut memang menggunakan zat ini sehingga diikuti oleh orang-orang yang ada dilingkungan tersebut.

3. Faktor Zat

Zat yang disalahgunakan seringkali karena zat itu mudah untuk didapat atau ditemukan, memberikan rasa nikmat yang membuat ia ingin kembali mencobanya, dan zat tersebut diberikan secara gratis atau Cuma-Cuma. Apalagi jika ditunjang dengan kondisi tertentu seperti akibat tekanan sosial atau terjadinya konflik dengan orang terdekat.

4. Sumber Koping

Untuk terbebas dari penyalahgunaan zat, maka seseorang harus mampu untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Selain itu, lingkungan sosial harus mendukung dia untuk kuat dan berhenti dari penyalahgunaan zat. Seseorang juga perlu mendapatkan alternatif lain agar mengalihkan pikiran dari zat tersebut, seperti kegiatan yang menyenangkan dan bekerja dengan keterampilan yang dia miliki.

Hal lain yang diperlukan oleh individu untuk terhindar dari zat-zat ini yaitu Kemampuan memotivasi diri sendiri untuk berhenti. serta mampu untuk mengontrol tingkat stres yang timbul.

Di lingkungan masyarkat kita sendiri, ketika ada orang yang menyalahgunakan zat ini, dan mau berhenti. Cenderung masyarakat kita mencemooh dan menjauhkan diri dari orang tersebut, hal ini dapat membuat dia kembali terjerumus pada kegelapan tersebut. jadi sudah saatnya kita peduli dengan orang yang ada disekitar kita.

5. Mekanisme Koping

Orang yang sering menyalahgunakan zat, seringkali mengalami kesulitan atau bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah. hal ini dapat menjadi penyebab dia menggunakan zat tersebut. selain itu penyebab lainnya karena individu tersebut tidak mampu untuk membentuk atau mengembangkan perilaku yang adaptif.

6. Mekanisme Pertahanan Ego

Pertahanan ego akan membuat individu untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan dirinya. Sehingga para penyalahguna zat, akan menyangkal terhadap masalah dan rasa tidak tanggung jawab terhadap perilaku yang dilakukannya. Selain itu mekanisme pertahanan ego membuat orang mengurangi konsumsi alkohol dan penyalahgunaan zat.

Tentang Penulis: myarfayat
Tell us something about yourself.
Share +62