Menu Tutup

5 Fungsi Sikap bagi kehidupan manusia

5 Fungsi Sikap bagi kehidupan manusia

Sikap seseorang dapat menghasilkan tindakan yang berbeda terhadap suatu objek yang bentuknya sama, tindakan tersebut merupakan salah satu fungsi dari sikap manusia. Kita ketahui bahwa sikap manusia memang tidak dibawa ketika lahir, lalu kenapa orang tua dan anak cenderung memiliki sikap yang sama ?, hal ini karena anak selalu diasuh oleh ibu dan ayahnya. Selain itu pengalaman juga menjadi salah satu faktor yang menunjang sikap seseorang, untuk lebih mengetahui apa saja yang membentuk dan mempengaruhi sikap seseorang, silahkan klik alamat link berikut ini.

Pernahkan anda melihat seorang wanita yang dirayu oleh seorang preman ?, lalu apa yang wanita itu lakukan ?, beberapa wanita bahkan tidak merespon dan memalingkan muka, serta menjauh dari preman tersebut. hal ini merupakan salah satu contoh sikap seseorang terhadap kondisi, dan objek yang dilihat oleh matanya. Jadi dapat dikatakan bahwa sensorik manusia mempengaruhi seseorang untuk menafsirkan sikap.

5 Fungsi Sikap

Secara keseluruhan, fungsi sikap manusia ada 5 cabang.

1. Fungsi instrumen

Mendengar kata instrumen, kita langsung teringat suatu lagu yang diiringi dengan musik. Begitu juga fungsi sikap yang satu ini, dimana fungsi sikap merupakan nilai tambah atau memberikan manfaat agar dapat menggambarkan sesuatu keinginan pada seseorang. Sehingga kerap kali, sikap memiliki fungsi untuk menggapai suatu tujuan.

2. Fungsi Pertahanan Ego

Fungsi kedua dari sikap yaitu sebagai pertahanan Ego. Dimana sikap akan melindungi diri dari kecemasan atau harga dirinya. Misalnya seperti seseorang yang mengalami rasa khawatir yang tidak jelas apa penyebabnya, maka ia cenderung akan melakukan sikap tertentu misalnya bernyanyi, berteriak atau sikap yang lainnya.

3. Fungsi nilai Ekspresi

Fungsi sikap yang satu ini lebih mudah dan sering kita lihat, karena menambah kesan pada nilai individu. Ketika seseorang sedang takut pada orang lain misalnya mertua, maka cenderung ia terlihat kaget, dan mencari tempat sembunyi agar tidak kelihatan. Begitu juga dengan orang yang sedang jatuh cinta, selalu tersenyum kepada orang yang ia sukai.

4. Fungsi Pengetahuan

Sikap akan membantu seseorang mengenal lebih dalam tentang dunia beserta isinya. Berbagai macam banyaknya kegiatan dan aktifitas yang ada di lingkungan kita sehari-hari, terkadang membuat kita tidak mengert bagaimana cara kerjanyai, sehingga kita cenderung merasa penasaran dan ingin mengetahui bagaimana suatu sistem itu berjalan.

5. Fungsi Penyesuaian Sosial

Kita ketahui bahwa kegiatan sosial itu begitu penting bagi kehidupan kita, namun tahukah anda bagaimana cara bersosialisasi ?. ternyata sikap juga membantu kita untuk menjalani hidup dengan mayarakat, menyesuaikan diri dengan tingkah dan perilaku yang benar, sehingga sosialisasi dapat berjalan dengan benar dan diakui oleh orang lain.

Sikap menjadi salah satu bagian dari individu, sehingga orang lain dapat mengenal kita dari sikap yang kita lakukan. Maka dari itu, menjaga sikap kita dengan baik akan membuat orang lain meu menjalin hubungan dengan kita. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, jika ada kekurangan silahkan berkomentar dibawah ini,  terimakasih telah membagikan tulisannya.

Setiap tulisan yang dibagikan, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat +62, salam sehat, sampai jumpa lagi di hari suksesnya anda.

Tentang Penulis: fatimah azzahra
Tell us something about yourself.
Share +62