Menu Tutup

4 fungsi otot pada manusia secara umum

4 fungsi otot pada manusia secara umum

Beberapa orang hanya menganggap otot sebagai pembentuk tubuh saja, padahal otot manusia terdiri dari berbagai jenis dan berbagai fungsi otot, ada 4 fungsi otot pada manusia secara umum yang perlu diketahui. sebelumnya, tahukah sahabat bahwa ada beberapa jenis otot yang ada pada manusia seperti otot jantung dan otot rangka, sedangkan fungsi otot sendiri dapat bekerja secara maksimal dan dapat melemah. Jika Otot semakin dilatih maka masa otot akan menjadi besar dan dapat bekerja secara maksimal, namun otot juga memiliki batasan tersendiri yang membuat otot tidak bisa terus dilatih, hal ini karena otot manusia juga akan mengalami proses kelelahan.

Sedangkan, jika otot tidak digerakan maka lama kelamaan otot akan mengalami atrofi, sehingga akan membuat fungsi otot juga menurun. Atrofi sendiri merupakan penurunan masa otot, atau otot menjadi kecil. salah satu gejala penurunan fungsi otot akibat atrofi adalah, aktivitas tubuh yang melemah, berjalan menjadi sangat lambat, bahkan mengangkat gelas yang berisi saja merasa berat.

4 Fungsi Otot pada Manusia Secara Umum

1. Sebagai Motion

Seperti yang dikatakan pada paragraf diatas, bahwa otot mampu untuk bergerak dan beraktivitas. Ini menjadi fungsi yang pertama dari otot, dimana seseorang mampu untuk berlari, berjalan, mampu untuk mengangkat barang, dan sebagainya. Contoh lain yang tidak bisa dilihat secara langsung adalah gerakan peristaltik usus, dimana fungsi otot pada usus akan membuat makanan bergerak menuju anus untuk dibuang.

Fungsi ini juga tidak lepas dari kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat. Karbohidrat menjadi sumber energi agar otot mampu terus beraktivitas sehari-hari. Jika kita kekurangan zat energi maka tubuh kita tidak mampu beraktivitas secara maksimal.

2. Mempertahankan Postur

Fungsi lain dari otot yang tidak kalah penting yaitu untuk mempertahankan postur tubuh. otot rangka melapisi dan menyelubungi bagian-bagian tulang, sehingga otot dapat membentuk struktur tubuh dan membedakan mana bentuk pantat, paha,atau betis. ketika kita berkontaksi atau bergerak maka otot mempertahankan pergerakan kita agar sesuai keinginan.

Misalnya ketika kita duduk, otot akan membantu kita agar tetap tegak dan tidak jatuh. Atau ketika kita berdiri, maka otot kaki, paha, punggung akan bertenaga dan mempertahankan agar tubuh tidak jatuh kedepan atau kebelakang.

2. Menghasilkan Kalor

Kalor atau dapat diartikan sebagai energi panas (suhu) yang dikeluarkan oleh tubuh. suhu tubuh sangat berguna agar tubuh tetap berfungsi dengan baik, karena jika suhu tubuh menurun dibawah normal, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan. Bahkan jika suhu tubuh menghilang maka manusia dapat mengalami kematian.

Dengan adanya metabolisme otot tubuh, maka kalor atau panas akan dihasilkan. Sehingga akan menjaga suhu tubuh tetap normal yaitu berada pada kisaran 36.5 sampai 37.5 derajat celcius.

4. berinteraksi dengan syaraf

Agar otot bisa berkontraksi (beraktivitas) maka diperlukan sejumlah syaraf yang terhubung dengan otak, hal ini disebut interaksi. Contoh yang nyata dari adanya interaksi syaraf dengan otot yaitu ketika seseorang terkena penyakit stroke, sehingga sebagian tubuh tidak dapat digerakan. Kondisi stroke membuat beberapa syaraf tidak berfungsi dengan baik, akibatnya terjadi berbagai gangguan seperti mulut miring, atau sebagian tubuh tidak dapat bergerak.

Berikut ini merupakan salah satu tahapan interaksi syaraf dengan otot :

  1. Tahap pertama yaitu timbulnya rangsangan atau stimulus. Kejadian ini akan direspon oleh saraf sensorik, yang selanjutnya akan diteruskan dalam bentuk impuls saraf
  2. Pada tahap kedua setelah impuls masuk ke bagian otak atau medula. impuls yang berupa respon motorik akan dibawa melalui myoneural junction.
  3. Setelah itu neorotransmitter yang ada di sinapsis akan meneruskan impuls ke sarkolemma, sehingga terjadilah suatu gerakan yang diinginkan ataupun refleks.

Dengan adanya interaksi antara otot dan syaraf, akan membuat fisik mampu untuk bergerak dan meningkatkan kesehatan fisik. Selain itu dengan adanya interaksi, ini juga dapat meningkatkan dan melatih kemampuan otak manusia.

Itu dia 4 manfaat atau fungsi dari otot pada tubuh manusia secara umum. Terimakasih telah membagikan tulisan kami, semoga dapat membantu banyak orang, dan meningkatkan wawasan warga +62 terhadap kesehatan. Salam sejahtera dan semoga sehat selalu, kami juga menunggu sahabat di artikel kami yang lainnya.

Tentang Penulis: ari prayogi
Tell us something about yourself.
Share +62