Menu Tutup

3 syarat lingkungan sehat : keadaan air, tanah, udara

3 syarat lingkungan sehat : keadaan air, tanah, udara

Kenapa begitu penting mengetahui syarat-syarat dari lingkungan yang sehat ?, tentu karena kita tahu bahwa kesehatan tempat tinggal kita dipengaruhi oleh apa yang ada diluarnya. Percuma bukan memiliki rumah mewah yang besar dan bagus, namun halaman rumahnya dikelilingi oleh berbagai sampah yang berserakan, atau bangkai-bangkai hewan yang terbaring membusuk. Selain itu, dengan mengetahui syarat-syarat lingkungan yang sehat, akan menunjang kehidupan kita menjadi lebih baik.

Selain syarat lingkungan, kita juga harus mengukur diri pribadi, apakah kita sudah mencemari lingkungan dengan sampah ?. membuang barang bekas sembarangan, karena percuma juga jika kita memiliki lingkungan yang sehat, tapi kita sendiri selalu mencemari lingkungan. Bahkan, hanya dengan merubah gaya hidup kita, maka lingkungan seburuk apapun dapat kita perbaiki.

Syarat-Syarat Lingkungan yang sehat

Ada 3 syarat, agar lingkungan disekitar kita menjadi sehat.

1. Keadaan Air

Perkembangan jaman sudah berubah dengan pesat, begitu juga dengan keadaan airnya. Dilingkungan perkotaan, air sudah tidak bisa didapatkan lagi, sehingga untuk mencukupi kebutuhan air setiap hari, seseorang harus membelinya langsung dari PDAM. Selain itu, jika air masih bisa didapatkan, maka air tersebut cenderung lebih keruh, berbau, dan berasa.

Berbeda dengan kondisi air yang berada dilingkungan perkampungan. Kondisi air masih jernih dan tidak berabau, sehingga kebutuhan air diperkampungan lebih mencukupi dan menyehatkan.

Keadaan air dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti sumber air yang berdekatan dengan tempat sampah atau pembuangan, rumah yang berdempetan, dan polusi udara yang buruk. Selain itu,Sumber air yang berdekatan dengan pabrik juga akan terlihat lebih kotor, hal ini biasanya karena buruknya drainase pembuangan pabrik.

Jadi, syarat untuk mendapatkan lingkungan yang sehat yaitu keadaan air harus bersih (jernih), tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa yang tidak alami.

2. Keadaan Udara

Selain keadaan air, keadaan udara juga harus menjadi perhatian masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Keadaan udara yang buruk akan membuat seseorang yang berada dilingkungan tersebut terkena berbagai penyakit seperti ISPA dan Pneumonia. Jika terjadi pada bayi, maka dia beresiko mengalami kematian yang tinggi.

Ada berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan terganggunya keadaan udara dilingkungan. Seperti banyakanya alat transportasi (mobil dan motor), pabrik tanpa penyaringan udara, masyarakat yang gemar membakar sampah, dan sebagainya.

Untuk mengetahui apakah udara dilingkungan sekitar kita sehat atau tidak, kita dapat mengetahuinya dengan mudah. Pertama, udara yang kita hirup tidak berbau dan tidak menimbulkan batuk-batuk, kedua yaitu udara yang tidak berwarna, dan ketiga jauh dari jalan raya. Selain itu banyaknya pepohonan juga akan mengurangi tingkat polusi udara, dan pabrik yang ramah lingkungan juga akan mengurangi keadaan udara yang buruk.

3. Keadaan Tanah

Selain keadaan air dan udara, keadaan tanah juga penting untuk diperhatikan. Karena tanah yang buruk, bisa jadi akibat keadaan air dan udara yang buruk juga. Kenapa keadaan air dan udara bisa menjadi penyebab buruknya tanah ? karena ketika terjadi hujan zat-zat yang ada diudara akan terbawa ke tanah, selain itu air yang tercemar juga akan membuat tanah yang dilaluinya menjadi rusak.

Kondisi tanah yang buruk, akan menimbulkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal dan sebagainya. Anda harus lebih berhati hati-hati jika lingkungan anda memiliki keadaan tanah yang buruk, Apalagi jika anda mempunyai anak yang masih berusia balita atau pra sekolah. Karena mereka cenderung bermain dengan tanah.

Ciri-ciri tanah yang sehat yaitu tidak berbau zat kimia apapun dan berwarna seperti tanah pada umumnya. Selain itu, tanah yang sehat akan mudah ditanami dengan berbagai tumbuhan seperti bunga atau pohon.

Itu dia syarat-syarat yang harus diperhatikan untuk mendapatkan lingkungan yang sehat sebagai tempat tinggal anda. tak lepas dari hal itu, anda juga harus memiliki perilaku yang baik dan gaya hidup yang sehat, sehingga lingkungan anda yang sehat tidak tercemar oleh tindakan yang anda lakukan.

Tentang Penulis: alice monicha
seorang penulis kesehatan yang berusaha untuk terus bermanfaat bagi masyarakat
Share +62