14 Manfaat dan Kegunaan Kafein pada Kopi yang Jarang Diketahui

14 Manfaat dan Kegunaan Kafein pada Kopi yang Jarang Diketahui

Minum kopi di pagi hari menjadi aktivitas rutin untuk sebagian orang. Terutama bagi seorang pekerja yang sering lembur, tujuannya tak lain agar mereka tidak mengantuk saat bekerja. Padahal manfaat dan kegunaan kafein pada kopi bukan hanya sebatas itu saja.

Ada banyak manfaat kafein dalam kopi yang bahkan peminum kopi pun tidak mengetahuinya. Maka dari itu, mari kenali apa saja kegunaan dan khasiat dari kefin kopi ini, serta berapa banyak takaran yang seharusnya anda minum.

Manfaat dan Kegunaan Kafein pada Kopi

Kafein merupakan senyawa stimulan, nama lainnya trimethylxanthine.Fungsi utamanya ialah menstimulasi kinerja otak. Oleh karena itu, kafein sering dikatakan setara dengan amfetamin, kokain, dan her0in. Sebab, memiliki fungsi utama yang sama.

Bagi yang belum tahu manfaat dan kegunaan kafein pada kopi, maka simak penjelasan di bawah ini. Dengan mengetahui manfaatnya, seseorang yang tidak suka kopi, mungkin akan tertarik mengkonsumsinya juga.

1. Mencegah Kerusakan Liver

Kafein dalam kopi bisa menekan sintesis CTGF atau faktor pertumbuhan jaringan ikat. Dengan begitu, perkembangan fibrosis hati dan dansirosis alkoholik akan semakin lambat. Manfaat dalam mengurangi risiko kerusakan sirosis diklaim sebanyak 84 persen.

Dengan kemungkinan sebanyak itu, ternyata cukup untuk menghambat perkembangan penyakit. Selain itu, bisa meningkatkan respon pengobatan dan menurunkan risiko kematian dini.

2. Menurunkan diabetes dna penyakit jantung

Bukan hanya untuk liver, manfaat dan kegunaan kafein pada kopi dapat juga menurunkan risiko penyakit lainnya. Seseorang yang mengkonsumsi kopi bisa memperoleh berbagai macam antioksidan.

Contohnya asam klorogenat, manfaatnya untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Namun, harus tahu berapa banyak dosis yang dianjurkan. Sebab, jika terlalu banyak akan menimbulkan masalah baru.

Misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi kafein dari kopi. Maka, hal itu akan menyebabkan jantung bekerja lebih berat. Membubuhkan gula terlalu banyak juga akan meningkatkan kadar gula. Oleh karena itu, konsumsi kopi dan gulanya dengan dosis wajar.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat kafein pada kopi bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Hal itu terbukti dari sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi memiliki nilai lebih baik. Terutama di pagi hari ketika akan melaksanakan tes atau ujian.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat dan kegunaan kafein pada kopi juga bisa menurunkan berat badan. Kafein di dalamnya bisa meningkatkan pembakaran lemak dan kalori. Jadi, kadar lemak dan lingkar pinggang akan semakin mengecil.

5. Meningkatkan Fokus

Kafein dalam kopi termasuk stimulan alami yang berfungsi untuk meningkatkan fokus seseorang. Dengan demikian, kewaspadaan diri pun akan bertambah. Meminum kopi juga dapat membuat seseorang lebih bersemangat.

6. Meningkatkan Performa OLahraga

Mengkonsumsi sedikit kafein 1 jam sebelum berolahraga, bisa menambah stamina dah kekuatan otot. Bukan hanya itu, daya tahan tubuh seseorang akan meningkat, sehingga lebih semangat berolahraga. Hal itu disebabkan oleh stimulan alami pada kafein.

7. Rambut Rontok Bisa Berkurang

Manfaat kafein pada kopi juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Caranya dengan mengoleskannya di kulit kepala. Kegunaannya bisa merangsang sirkulasi darah dan memblokir enzim yang menyebabkan rambut rontok.

Dengan begitu, rambut rontok akan berkurang dan kesehatannya semakin terjaga. Hal ini termasuk cara alami yang bisa seseorang terapkan. Terutama bagi yang memiliki permasalahan rambut rontok.

8. Mencegah Penurunan Kemampuan Kognitif

Manfaat dan kegunaan kafein pada kopi sering diklaim bisa mencegah penurunan kemampuan kognitif. Dengan kegunaannya yang bisa menstimulasi otak, maka daya dan fungsinya akan tetap terjaga.

9. Meningkatkan Energi Tubuh

Setelah kafein terserap ke dalam aliran darah, selanjutnya akan diteruskan ke otak. Ketika di otak, senyawa kafein akan menghambat neurotransmiter adenosin inhibitori. Selain itu, neurotransmitter lainnya juga akan meningkat, seperti dopamin dan norepinefrin.

Dengan proses tersebut, maka akan menimbulkan rasasenang dan energi tubuh akan meningkat. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi kopi setiap hari, asalkan dengan dosis aman.

10. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat kafein lainnya yaitu untuk meredakan sakit kepala. Jadi, bagi seseorang yang sering memiliki keluhan ini, bisa mencoba meminum kopi. Bisa jadi, rasa sakitnya akan berkurang.

Kafein juga sering dipadukan dengan obat anti nyeri. Lalu, seseorang menggunakannya untuk terapi sakit kepala, baik tension ataupun migrain. Terapi seperti ini sudah lama diterapkan.

11. Mengurangi Depresi

Mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan terjadinya depresi. Kemungkinan sekitar 20 persen lebih rendah. Hal itu disebabkan efek stimulan yang dapat membuat seseorang lebih tenang.

12. Mencegah Risiko Kanker

Antioksidan yang kuat dalam kafein berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Terutama yang dapat berkembang menjadi penyakit kronis, seperti kanker. Dalam penelitian pun menyebutkan, orang yang rutin meminum kopi memiliki risiko lebih rendah.

13. Mencegah Gigi Berlubang

Manfaat kafein juga bisa membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Bakteri tersebut kadang penyebab gigi berlubang. Dengan rutin meminum kopi, mulut akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai bakteri yang mengendap.

14. Tubuh Tidak Mudah Lelah

Zat kafein memiliki sistem kerja yang berlawanan dengan hormon adenosin. Adenosin ialah produksi hormon yang akan membuat seseorang mengantuk. Jadi, kafein mampu membuat tubuh tetap terjaga.

Dengan begitu, geraksel-sel tubuh akan diperlambat, sehingga tidak akan mudah lelah dan ngantuk. Untuk itu, kebanyakan orang mengkonsumsinya di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Dosis Atau Takaran Dalam Mengkonsumsi Kafein

Bagi seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi, maka harus mengetahui dosis yang aman. Sebab, jika terlalu banyak bukan mendatangkan manfaat, melainkan akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Untuk orang dewasa, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi 400 miligram setiap harinya. Itu termasuk jumlah aman, jadi sebaiknya jangan sampai melebihi. Namun, untuk ibu hamil hanya sampai 200 miligram.

Kafein yang masuk ke dalam tubuh, selanjutnya akandiserap dari darah ke jaringan tubuh. Manfaat dan kegunaan kafein pada kopiakan bekerja dengan konsentrasi tinggi setelah 15 sampai 120 menit. Hal itu jika kafein sudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga :

– Manfaat Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan dan Sederet Manfaat Lainnya

– Apa saja manfaat singkong bagi kesehatan

Subscribe
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Umpan balik sebaris
Lihat Semua Komentar